AMERIKA SERIKAT

IRS Diminta Perbaiki Sistem Penanganan Kasus

Redaksi DDTCNews
Kamis, 15 September 2016 | 15.01 WIB
IRS Diminta Perbaiki Sistem Penanganan Kasus

IRS. (Foto: Nsacct.org)

WASHINGTON, DDTCNews - United States Government Accountability Office (GAO) merilis laporan hasil penyelidikannya terhadap Ditjen Pajak Amerika Serikat (Internasil Revenue Services/IRS). Dari laporan tersebut GAO menemukan IRS perlu menyamakan persepsi antara satu karyawan dengan karyawan yang lain terkait penyusutan kasus pajak mana yang akan diselesaikan lebih dulu.

Dalam laporan tersebut, GAO menilai IRS harus mampu menetapkan tujuan dalam setiap proses pemilihan kasus sehingga mampu membuat skala prioritas kasus mana sajakah yang akan diusut lebih dulu.

“IRS menggunakan proses otomatis untuk menentukan kasus utang pajak mana yang akan diselesaikan lebih dulu, sementara manajer di lapangan memilih dengan cara manual saja untuk kemudian dimintakan kepastian kepada pegawai Departemen Pendapatan,” ungkap laporan tersebut, kemarin (14/9).

Dalam membuat skala prioritas kasus, para manajer memerhatikan hal lainnya yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh proses otomatis, seperti beban kerja pegawai yang tersedia bersamaan dengan karakteristik kasus berdasarkan seberapa mampukah wajib pajak dapat membayar utang pajak tersebut.

Namun, kenyataannya para pegawai di lapangan tidak memiliki pemahaman yang jelas sesuai dengan misi IRS dan tidak memiliki alasan pasti terkait pemilihan kasus guna mendukung berjalannya misi IRS.

“Lebih jauh, kurangnya pemahaman tujuan ini mengurangi efektifitas para pegawai lapangan dalam mengukur kinerja dan menilai risiko. Hal ini menimbulkan tidak efisiennya pekerjaan di lapangan terkait kasus tertentu” papar dokumen itu seperti dikutip Accounting Today.

GAO merasa proses dokumentasi dan penilaian dalam pemilihan kasus yang dilakukan oleh IRS kurang baik. Selain itu, manajer di lapangan kekurangan panduan bagaimana membuat pertimbangan ketika memilih kasus.

Karena itu, GAO memberi beberapa rekomendasi kepada IRS, antara lain pendokumentasian tujuan dengan jelas dan adil, memberi panduan bagaimana menggunakan pertimbangan profesionalisme dalam memilih kasus yang akan diusut, serta membangun prosedur untuk menilai dua proses yang saat ini dilakukan yaitu otomatis dan manual. Menanggapi usulan GAO, IRS menyetujui semua rekomendasi itu dan akan menindak lanjutinya. (Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.