VIETNAM

Incar Investasi Chip Semikonduktor, Vietnam Siap Guyur Insentif Pajak

Dian Kurniati | Sabtu, 17 Februari 2024 | 09:30 WIB
Incar Investasi Chip Semikonduktor, Vietnam Siap Guyur Insentif Pajak

Ilustrasi.

HANOI, DDTCNews - Pemerintah Vietnam menyatakan siap memberikan berbagai skema insentif pajak untuk menarik perusahaan semikonduktor memproduksi chip di negara tersebut.

Menteri Sains dan Teknologi Huynh Thanh Dat mengatakan negaranya ingin memanfaatkan momentum perang dagang antara AS dan China untuk menyediakan produk chip semikonduktor bagi dunia. Saat ini, Vietnam masih tertinggal dari negara lain di kawasan terutama Malaysia.

"Industri semikonduktor Vietnam memiliki tingkat lokalisasi yang rendah, serta kegiatan penelitian dan pengembangan tidak sinkron," katanya, dikutip pada Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga:
Presiden Filipina Minta RUU soal Insentif Pajak Segera Disahkan

Dat mengatakan chip semikonduktor menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan dunia seiring dengan meningkatnya permintaan gawai dan kendaraan listrik. Sejumlah produsen semikonduktor juga terus mencari negara yang cocok untuk memproduksi chip.

Perusahaan yang disebut ingin memperluas bisnis chip misalnya Nvidia dan Samsung, dengan nilai investasi diproyeksi mencapai jutaan dolar AS.

Dia menjelaskan Vietnam sedang bersiap menjadi bagian dari rantai pasok chip semikonduktor. Salah satu strateginya, menginisiasi mekanisme hibah industri melalui kolaborasi dana sains dan penelitian dari negara dengan perusahaan swasta.

Baca Juga:
Inflasi Bikin Beban PPh Pegawai di Negara-Negara OECD Meningkat

Selain itu, Dat menyebut insentif pajak juga bakal diberikan agar investor semikonduktor tertarik menanamkan modal di Vietnam. Meski demikian, dia belum merinci bentuk insentif pajak yang akan diberikan.

"Kami juga perlu segera menjalin kesepakatan untuk transfer teknologi dengan negara-negara yang mendominasi sektor chip," ujarnya dilansir nikkei.com.

Dat menambahkan perguruan tinggi Vietnam akan meluncurkan jurusan semikonduktor dalam kemitraan dengan perusahaan seperti Samsung. Vietnam menargetkan mampu mencetak 50.000 insinyur semikonduktor pada 2030.

Di sisi lain, pemerintah berjanji akan mempermanis kebijakan untuk memasukkan tenaga ahli asing di bidang semikonduktor ke dalam negeri. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 02 Mei 2024 | 12:00 WIB INFLASI TAHUNAN

Inflasi Turun Jadi 3 Persen pada April 2024, Ini Kata BPS

Kamis, 02 Mei 2024 | 11:30 WIB KANWIL DJP JAKARTA PUSAT

Setoran Pajak Hanya Tumbuh 3%, DJP Jakarta Pusat Fokuskan Pengawasan

Kamis, 02 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS KEPABEANAN

Sederet Kriteria Barang Kiriman Hasil Perdagangan

Kamis, 02 Mei 2024 | 10:30 WIB PERMENDAG 7/2024

Pembebasan Batasan Impor Kiriman PMI Berlaku Surut Sejak Akhir 2023

Kamis, 02 Mei 2024 | 10:21 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Piutang Kepabeanan-Cukai Capai Rp46 Triliun, DJBC Optimalkan Penagihan

Kamis, 02 Mei 2024 | 10:00 WIB APARATUR SIPIL NEGARA

Pendaftaran CASN Akan Dibuka, K/L Diminta Lengkapi Perincian Formasi

Kamis, 02 Mei 2024 | 09:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

DJP: Pengembalian Pembayaran Pajak Hingga Maret 2024 Rp83,51 triliun