KOTA MALANG

Gerak Cepat, Petugas Pajak Mulai Terbitkan SPPT PBB

Redaksi DDTCNews
Selasa, 02 Januari 2018 | 10.05 WIB
Gerak Cepat, Petugas Pajak Mulai Terbitkan SPPT PBB

MALANG, DDTCNews – Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Jawa Timur melakukan gerak cepat untuk penerimaan pajak tahun 2018. Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) pajak bumi dan bangunan (PBB) pun siap dirilis pada bulan pertama tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh Ade Hermanto selaku Kepala BP2D Kota Malang. Dia mengatakan pada awal Januari, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) akan merilis SPPT kepada wajib pajak.

“Dengan launching awal ini, diharapkan masyarakat bisa segera membayar PBB. Sehingga dapat memanfatkan kesempatan untuk keperluan lainnya, seperti peralihan hak atas tanah dan bangunan serta keperluan administrasi lain-lain yang membutuhkan bukti pembayaran PBB,” katanya, Kamis (28/12).

Dia mengatakan kinerja penerimaan pajak Kota Malang yang sudah baik pada tahun 2017 tidak serta merta mengedurkan pada tahun 2018 ini. Pihaknya justru akan langsung tancap gas mulai awal tahun untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kota Apel tersebut.

“Ini sudah menjadi komitmen BP2D dalam memberikan dan meningkatkan layanan perpajakan daerah, khususnya PBB Perkotaan kepada masyarakat,” ujar Ade.

Realiasi dari mulai bergeraknya petugas pajak ialah dengan melakukan cetak massal SPPT PBB. Nantinya penyampaian SPPT dapat dilakukan di wilayah masing-masing sehingga memudahkan wajib pajak untuk membayar kewajibannya.

Dilansir malangtoday.net, mekanisme panyampaian SPPT itu sendiri  dibagi dalam dua kategori. Pertama bagi wajib pajak dengan ketetapan PBB di bawah Rp500.000 dapat menghubungi kator kelurahan atau RT/RW setempat. Kedua, bagi wajib pajak dengan SPPT dengan ketetapan nominal di atas Rp500.000 akan disampaikan langsung oleh petugas BP2D kepada wajib pajak yang bersangkutan.

“Pembayarannya dapat dilakukan di tempat-tempat pembayaran Bank Jatim terdekat, ataupun dapat melalui transfer dari bank mana saja yang terafiliasi dengan nomor rekening Bank Jatim. Proses transfer ke rekening Bank Jatim memudahkan WP kapanpun dan dimanapun berada untuk melakukan pembayaran,” tutupnya. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.