INDIA

Federasi UMKM Minta e-Commerce Dikenai Pajak Khusus 5%

Muhamad Wildan
Rabu, 06 Januari 2021 | 11.00 WIB
Federasi UMKM Minta e-Commerce Dikenai Pajak Khusus 5%

Ilustrasi. (DDTCNews)

NEW DELHI, DDTCNews – Federation of All India Vyapar Mandal (FAIVM) meminta pemerintah untuk mengenakan tarif pajak khusus atas aktivitas bisnis pada e-commerce. Kelompok UMKM di India tersebut meminta tarif pajak khusus 5% atas omzet e-commerce.

FAIVM menilai aktivitas bisnis melalui e-commerce cenderung meningkat dalam beberapa tahun dan berdampak terhadap bisnis ritel konvensional. Untuk itu, FAIVM berharap ada pajak khusus untuk e-commerce sehingga ritel tradisional bisa lebih kompetitif.

"Pengenaan pajak khusus tak hanya akan meningkatkan penerimaan pajak, tetapi juga membuat ritel tradisional lebih kompetitif," tulis FAIVM dalam surat resminya kepada pemerintah, dikutip Rabu (6/1/2021).

Menurut FAIVM, pengenaan pajak khusus atas e-commerce akan meningkatkan daya saing UMKM konvensional di India mengingat UMKM saat ini berkontribusi sebesar 22% terhadap PDB India serta mempekerjakan ratusan ribu tenaga kerja di tersebut.

Selain pengenaan pajak khusus atas e-commerce, FAIVM meminta Kementerian Keuangan India untuk menurunkan tarif pajak penghasilan atas partnership firm dan limited liability partnership dari 30% menjadi 22%.

Menurut FAIVM, pengenaan tarif tersebut jauh lebih adil dan setara dengan tarif pajak penghasilan korporasi yang berlaku. Selain itu, FAIVM meminta pemerintah untuk menyusun skema amnesti untuk meningkatkan kepatuhan pajak UMKM.

"Pemerintah harus memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memperbaiki kesalahan pemungut GST (PPN) dalam pelaporan GST tanpa dikenai sanksi administrasi," tulis FAIVM seperti dilansir businesstoday.in. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.