BELANDA

Dianggap Diskriminatif, Aturan Withholding Tax atas Dividen Direvisi

Redaksi DDTCNews | Jumat, 11 Desember 2020 | 10:37 WIB
Dianggap Diskriminatif, Aturan Withholding Tax atas Dividen Direvisi

Ilustrasi. (DDTCNews)

AMSTERDAM, DDTCNews – Pemerintah Belanda merevisi ketentuan withholding tax atas dividen untuk subjek pajak luar negeri agar sesuai dengan keputusan pengadilan tinggi Eropa atau Court of Justice of the European Union (CJEU).

Perubahan kebijakan tersebut berdasarkan putusan CJEU terhadap kasus sengketa pajak antara Sofina Group dengan Pemerintah Prancis. Pengadilan memutuskan kebijakan withholding tax atas dividen di Prancis diskriminatif terhadap wajib pajak luar negeri.

Pengadilan menilai diskriminatif lantaran Pemerintah Prancis kala itu menolak permohonan restitusi WP badan nonresiden ketika keuangan perusahaan merugi. Sebaliknya, restitusi justru diberikan kepada WP dalam negeri dengan situasi keuangan perusahaan yang sama.

Baca Juga:
OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

Mengingat kebijakan withholding tax atas dividen di Prancis serupa dengan regulasi di Belanda maka revisi kebijakan diperlukan untuk mengikuti hasil putusan pengadilan. Pemerintah Belanda pun resmi merevisi ketentuan perpajakannya.

"Pemerintah Belanda telah mengeluarkan keputusan untuk memastikan aturan terkait dengan pemotongan pajak atas dividen sesuai dengan putusan CJEU," tulis keterangan resmi pemerintah dikutip Jumat (11/12/2020).

Keputusan Pemerintah Belana mengubah kebijakan withholding tax atas dividen bagi WP luar negeri berlaku pada 5 Desember 2020. Kebijakan itu juga mengakomodasi opsi pengembalian withholding tax atas dividen dan pajak perjudian.

Baca Juga:
Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan

Sebelumnya, WP badan yang terdaftar di Belanda dapat mengkreditkan potongan dividen terhadap kewajiban PPh badan. Saat keuangan perusahaan merugi maka diberikan hak untuk mengajukan restitusi dari withholding tax dividen.

Sayang, kebijakan itu tidak berlaku bagi WP badan yang didirikan di luar negeri dan tidak dikenakan PPh badan. Namun, dengan keputusan Pemerintah Belanda baru-baru ini, WP badan nonresiden kini dapat mengajukan restitusi.

Pemerintah menetapkan sembilan syarat bagi WP badan nonresiden yang ingin mengajukan restitusi atas pemotongan pajak dividen di antaranya besaran keringanan diberikan dengan prinsip setara antara WP dalam negeri dan WP luar negeri saat posisi keuangan perusahaan merugi.

Baca Juga:
Antisipasi Overtourism, Negara Ini Diminta Terapkan Pajak Turis

Lalu, perusahaan menyediakan data penerima manfaat dari pembayaran dividen; perusahaan dibentuk di negara anggota Uni Eropa atau wilayah ekonomi Eropa/The European Economic Area (EEA); dan memiliki perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) dengan Belanda.

"Permohonan restitusi maksimal diajukan untuk 3 tahun laporan keuangan terakhir perusahaan yang relevan," sebut otoritas seperti dikutip tax-news.com. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

PTKP Karyawati Kawin Bisa Ditambah jika Suami Tak Punya Penghasilan

Kamis, 25 April 2024 | 13:00 WIB KEANGGOTAAN OECD

OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

Kamis, 25 April 2024 | 12:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Badan Pakai Stempel Perusahaan yang Berbeda, SPT Tahunan Tetap Sah?

Kamis, 25 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN MONETER

Parkir DHE SDA di Dalam Negeri, Kepatuhan Eksportir sudah 93-95 Persen

Kamis, 25 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya

Kamis, 25 April 2024 | 10:00 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Tak Setor PPN Rp605 Juta, Direktur CV Diserahkan ke Kejaksaan

Kamis, 25 April 2024 | 09:30 WIB PROVINSI BENGKULU

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemprov Bengkulu Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Kamis, 25 April 2024 | 09:12 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan