KEBIJAKAN PAJAK

Prabowo Ingin Tingkatkan Tax Ratio, Sri Mulyani Siapkan Rekomendasi

Muhamad Wildan
Senin, 24 Juni 2024 | 14.00 WIB
Prabowo Ingin Tingkatkan Tax Ratio, Sri Mulyani Siapkan Rekomendasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, DDTCNews - Kementerian Keuangan akan menyiapkan sejumlah rekomendasi terkait dengan kebijakan pajak yang perlu disiapkan oleh pemerintahan berikutnya guna meningkatkan rasio perpajakan (tax ratio).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada tim presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Nanti, kami akan menyampaikan kepada pemerintahan baru, apa-apa langkah yang bisa lakukan dalam meningkatkan penerimaan negara," katanya, Senin (24/6/2024).

Secara umum, lanjut Sri Mulyani, pemerintah telah melakukan beragam perbaikan guna mengerek penerimaan, mulai dari perbaikan regulasi melalui UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) hingga digitalisasi administrasi lewat coretax administration system (CTAS).

"Kami juga menambah jumlah kantor-kantor dari pajak, terutama medium tax office itu memiliki kemampuan untuk mengelola secara lebih baik dan lebih efisien," ujarnya.

Anggota Komisi XI DPR sebelumnya sempat meminta Kementerian Keuangan untuk menyusun analisis kebijakan dan peta jalan (roadmap) guna mendukung target Prabowo untuk meningkatkan rasio pendapatan negara menjadi 23%.

Wakil Ketua Komisi XI Dolfie OFP menuturkan bahwa roadmap perlu disiapkan guna menjabarkan tahapan-tahapan apa saja yang perlu dilakukan guna meningkatkan tax ratio secara signifikan.

"Kalau mau jadi 12% apa syaratnya dan ketentuannya? Mau jadi 15% apa syarat dan ketentuannya? Sampai ke 23% tadi syarat dan ketentuannya apa? Potensinya di mana masing-masing tahapan itu," tutur Dolfie. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.