PEREKONOMIAN INDONESIA

Sri Mulyani Proyeksi Perekonomian Nasional 2019 Kembali Melambat

Redaksi DDTCNews
Kamis, 29 Agustus 2019 | 17.36 WIB
Sri Mulyani Proyeksi Perekonomian Nasional 2019 Kembali Melambat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (foto: Kemenkeu)

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah memproyeksi laju pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini tidak akan mencapai outlook sebesar 5,2%, bahkan melambat dibandingkan tahun lalu 5,17%. Ada sejumlah faktor yang diestimasi akan menahan laju pertumbuhan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR. Faktor pendorong ekonomi dari sisi invetasi dan kinerja ekspor diprediksi tidak sekuat yang diharapkan.

“Pada semester II, ekonomi kita diperkirakan tumbuh 5,11%. Sehingga, secara total dibulatkan satu digit menjadi 5,1% atau presisinya di 5,08%,” katanya di ruang rapat Komisi XI, Kamis (29/8/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjabarkan berbagai faktor menjadi penyebab laju pertumbuhan diprediksi tidak mencapai outlook. Salah satunya adalah sudah lewatnya beberapa faktor pendorong yang bersifat musiman seperti Pemilu dan periode Ramadan.

Kondisi tersebut menyebabkan konsumsi rumah tangga akan bergerak dalam kisaran 4,9% hingga 5%. Adapun kinerja invetasi dan ekspor juga diprediksi tidak bergerak jauh dari capaian pada Semester I/2019.

“Investasi kita masih berharap adanya momentum terus berlanjut lebih kuat meskipun tidak signifikan sekitar 5,2% tumbuhnya. Sementara itu, ekspor pada semester II kami perkirakan masih dalam zona negatif,” paparnya.

Adapun belanja pemerintah menjadi bantalan terakhir yang disiapkan untuk menjaga ekonomi tetap bertumbuh hingga akhir tahun. Hitungan ini menjadi proyeksi realistis pemerintah karena faktor eksternal yang masih penuh dengan tantangan.

“Angka 5,2% masih kita taruh di sana sebagai outlook, tapi di internal kita forecasting-nya melihat di 5,08%,” imbuhnya. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.