PEREKONOMIAN INDONESIA

Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2019 Versi Kemenkeu

Redaksi DDTCNews
Jumat, 21 Juni 2019 | 19.16 WIB
Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2019 Versi Kemenkeu

Konferensi pers APBN Kita edisi Juni 2019.

JAKARTA, DDTCNews – Kementerian Keuangan memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2019 tidak jauh berbeda dari capaian pada kuartal sebelumnya.

Berdasarkan keterangan resmi otoritas fiskal pada hari ini, Jumat (21/6/2019), perumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun ini diproyeksi akan berada di kisaran 5,02%—5,13%. Angka tersebut tidak jauh berbeda dari capaian pada kuartal I/2019 sebesar 5,07%.

“Dengan demikian, secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi sampai dengan semester I/2019 diperkirakan mencapai 5,10%,” demikian pernyataan Kemenkeu.

Dalam dokumen APBN Kita edisi Juni 2019, otoritas mengatakan prospek pertumbuhan ekonomi global tahun ini cenderung melemah karena lesunya perdagangan dan investasi global. Hal tersebut dipicu eskalasi perang dagang negara utama dunia.

Kendati demikian, Kemenkeu mengatakan perekonomian nasional tahun ini diproyeksi masih tumbuh stabil. Pertumbuhan ekonomi nasional masih akan didorong konsumsi dan invstasi. Optimisme ini muncul setelah melihat perkembangan indeks kepercayaan konsumen (IKK) hingga Mei 2019.

Selain itu purchasing managers’ index (PMI) manufaktur Indonesia juga terus membaik. Pada Mei 2019, indeks berada pada level tertinggi sejak Agustus 2018, yakni 51,6. Ini menggambarkan adanya perbaikan kondisi manufaktur karena adanya ekspansi produksi dan pertumbuhan permintaan.

Menurut otoritas, tingkat inflasi yang rendah diperkirakan akan mampu menjaga konsumsi masyarakat. Inflasi pada Mei 2019 – bersamaan dengan periode Ramadan – relatif terkendali sebesar 0,68% (month to month/mtm) atau 3,32% (year on year/yoy).

“Secara umum, terkendalinya inflasi hingga bulan ini pada kisaran 3% menunjukkan masih terjaganya daya beli masyarakat serta kondisi keseimbangan permintaan dan penawaran,” imbuh Kemenkeu. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.