PROFIL PAJAK PROVINSI GORONTALO

Begini Profil Pajak Daerah yang Punya Industri Kelapa Terpadu

Redaksi DDTCNews | Jumat, 05 Juni 2020 | 16:16 WIB
Begini Profil Pajak Daerah yang Punya Industri Kelapa Terpadu

GORONTALO merupakan daerah hasil pemekaran dan menjadi salah satu provinsi termuda di Indonesia. Peresmiannya sebagai provinsi baru dilakukan pada 2000 melalui penerbitan UU No. 38 Tahun 2000. Sebelumnya, provinsi tersebut merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara.

Salah satu komoditas potensial dari provinsi ini adalah kelapa. Dari potensi tersebut, Kementerian Perindustrian berupaya untuk mengembangkan potensi industri kelapa di Provinsi Gorontalo melalui program industri kelapa terpadu.

Program ini berfokus pada hilirisasi industri kelapa yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi industri kecil menegah (IKM) dan masyarakat Gorontalo. Ke depannya, sektor industri pengolahan perkebunan ini diharapkan mampu menghasilkan bahan baku dalam negeri dengan kualitas yang kompetitif di pasar ekspor.

Baca Juga:
Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya

Kondisi Ekonomi dan Pendapatan Daerah
MENGUTIP data dari BPS, kontributor utama perekonomian Provinsi Gorontalo berasal dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Sektor ini menyumbang 39% dari total PDRB Provinsi Gorontalo pada 2019. Kemudian, dua sektor besar lainnya adalah perdagangan besar dan eceran serta konstruksi. Adapun bidang administrasi pemerintahan serta transportasi dan pergudangan masing-masing berkontribusi sebesar 6% dari PDRB.


Sumber: BPS Provinsi Gorontalo (diolah)

Baca Juga:
Penuhi Amanat UU HKPD, Pemprov Bengkulu Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Adapun dari sisi penerimaan, Provinsi Gorontalo masih mendapat topangan dari dana perimbangan. Pada 2018, dari total pendapatan Rp1,8 triliun, alokasi dana perimbangan dari pemerintah pusat tercatat mencapai 78% atau senilai Rp1,3 triliun.

Lebih lanjut, pendapatan asli daerah menyumbang senilai Rp384 miliar atau 21% dari total pendapatan. Terakhir, realisasi penerimaan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah yang hanya sebesar 1% dari total pendapatan daerah atau senilai Rp17,5 miliar.

Dalam komponen PAD sendiri, instrumen pajak daerah menjadi penopang utama dengan kontribusi mencapai Rp350,4 miliar atau 91% dari total setoran PAD pada 2018. Kemudian, disusul lain-lain PAD yang sah senilai Rp11,5 miliar atau sebesar 6% dari total PAD.

Baca Juga:
Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan

Sementara itu, retribusi daerah hanya menyumbang sekitar Rp11,5 miliar atau sebesar 3% dari total PAD. Komponen hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan mencatatkan pendapatan terendah, yaitu senilai Rp4,3 miliar atau hanya berkontribusi 1% dari total PAD.


Sumber: DJPK Kementerian Keuangan RI (diolah)

Baca Juga:
Apa Itu PBJT Jasa Perhotelan di UU HKPD?

Kinerja Pajak
CAPAIAN penerimaan pajak daerah Provinsi Gorontalo dalam periode 2014 hingga 2018 terus mengalami peningkatan. Kendati demikian, realisasi penerimaan pajak baru berhasil mencapai target yang ditetapkan APBD pada 2018.

Kementerian Keuangan mencatat pada 2014, realisasi penerimaan pajak daerah mencapai 90% dari target. Setelah itu kinerja mengalami penurunan dengan capaian pada 2015 menjadi 82%. Hal ini dikarenakan kenaikan target penerimaan pajak yang cukup signifikan.

Pada 2016, kinerja pajak kembali membaik menjadi 87% dan mengalami peningkatan pada 2017 menjadi 95%. Pada 2018, kinerja penerimaan pajak akhirnya melampaui target APBD yaitu sebesar 105% dengan perolehan senilai Rp304,5 miliar.

Baca Juga:
Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu


Sumber: DJPK Kementerian Keuangan RI (diolah)

Dari sisi penerimaan per jenis pajak, pungutan berkaitan kendaraan bermotor menjadi penopang utama penerimaan pada 2018. Bea balik kendaraan bermotor (BBNKB) mencatatkan kontribusi tertinggi dengan penerimaan senilai Rp111,3 miliar.

Baca Juga:
Penuhi Amanat UU HKPD, Pemkot Tangsel Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Urutan selanjutnya kemudian ditempati oleh pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), dengan realisasi penerimaan masing-masing senilai Rp98,7 miliar dan Rp73,3 miliar.

Lebih lanjut, pajak rokok juga mencatatkan penerimaan yang cukup besar sekitar Rp66,6 miliar. Realisasi penerimaan pajak daerah terendah provinsi ini berasal dari pajak air permukaan, yaitu senilai Rp488 juta.

Jenis dan Tarif Pajak
JENIS dan Tarif pajak daerah di Gorontalo diatur dalam Perda Provinsi Gorontalo No. 5/2011 s.t.d.t.d Perda Provinsi Gorontalo No. 9/2014 tentang Pajak Daerah. Berdasarkan ketentuan perpajakan tersebut, berikut daftar jenis dan tarif pajak yang berlaku di Provinsi Gorontalo.

Baca Juga:
PKB Progresif Tak Lagi Berlaku, Simak Tarif Pajak Terbaru di Sulteng


Keterangan:

  1. Rentang tarif mengacu pada UU No 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD).
  2. Tarif bergantung pada kegunaan kendaraan (pribadi, umum, sosial pemerintah dan alat berat perusahaan)
  3. Tarif bergantung pada kegunaan kendaraan (pribadi dan alat berat perusahaan)
  4. Tarif bergantung pada tipe bahan bakar kendaraan bermotor (subsidi dan nonsubsidi)

Provinsi Gorontalo menerapkan tarif progresif untuk jenis PKB. Tarif PKB untuk kepemilikan pertama dipatok sebesar 1,5%. Terhadap kendaraan bermotor roda empat milik pribadi kedua dan seterusnya dikenakan tarif sebesar 2%.

Baca Juga:
Pacu Setoran Pajak MBLB, DPRD Minta Penagihan Dilakukan Sejak Awal

Sementara itu, untuk BBNKB, tarifnya ditetapkan sebesar 12,5% untuk penyerahan pertama dengan kenaikan sebesar 1% untuk penyerahan kedua dan seterusnya.

Kententuan tarif yang cukup berbeda juga diterapkan untuk PBBKB. Pemprov Gorontalo membedakan tarif berdasarkan tipe bahan bakar kendaraan. Bagi bahan bakar bersubsidi, tarif PBBKB dikenakan sebesar 5%, sedangkan bahan bakar nonsubsidi tarifnya dipatok sebesar 7,5%.

Tax Ratio
BERDASARKAN perhitungan yang dilakukan oleh DDTC Fiscal Research, kinerja pajak daerah dan retribusi daerah terhadap PDRB (tax ratio) Provinsi Sulawesi Selatan tercatat sebesar 0,76% pada 2018. Pencapaian tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata tax ratio provinsi secara agregat yang tercatat sebesar 0,88%.

Baca Juga:
Soal Pembentukan Badan Otorita Penerimaan Negara, Menko Sampaikan Ini


Sumber: DJPK Kementerian Keuangan dan BPS (diolah)

Catatan:

Baca Juga:
Apa Itu PBJT atas Tenaga Listrik?
  • Tax ratio dihitung berdasarkan total penerimaan pajak dan retribusi daerah terhadap PDRB.
  • Rata-rata provinsi dihitung dari rata-rata berimbang (dibobot berdasarkan kontribusi PDRB) tax ratio seluruh provinsi di Indonesia.
  • Rasio terendah dan tertinggi berdasarkan peringkat tax ratio seluruh provinsi di Indonesia.

Administrasi Pajak
BERDASARKAN Perda Provinsi Gorontalo No. 11/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, pajak daerah provinsi ini dipungut dan dikumpulkan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD). Dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak daerah, BKD dan berbagai pemangku kebijakan lainnya berupaya untuk memudahkan administrasi pajak melalui sederet inovasi.

Penerimaan pajak daerah di Provinsi Gorontalo sendiri didominasi oleh BBNKB dan PKB. Pembayaran kedua jenis pajak ini dapat dilakukan di Unit Pelayanan Samsat dan Samsat Keliling yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Wilayah Gorontalo.

Selain itu, terdapat pula layanan e-Samsat yang memudahkan para pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak secara elektronik melalui aplikasi di ponsel maupun SMS banking. Untuk melengkapi layanan e-Samsat, ada pula inovasi berupa aplikasi Augmented Reality atau AR e-Samsat.

Baca Juga:
Pacu Setoran Pajak Daerah pada 2025, Pemerintah Siapkan 3 Strategi

Inovasi ini dikembangkan oleh BKD melalui penyematan AR e-Samsat pada surat pajak kendaraan bermotor yang diterbitkan pada 2018. Apabila surat pajak tersebut dipindai maka secara otomatis aplikasi akan mengarahkan pada tampilan informasi prosedur pembayaran pajak bermotor di Gorontalo secara daring.

Melalui aplikasi ini pula, para pembayar pajak dapat terhubung ke BKD agar dapat melakukan pembayaran pajak secara daring. Untuk diketahui, dua bank yang telah bekerja sama dengan BKD provinsi ini ialah Bank BRI dan Bank Sulutgo.*

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 25 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya

Kamis, 25 April 2024 | 09:30 WIB PROVINSI BENGKULU

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemprov Bengkulu Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Kamis, 25 April 2024 | 09:12 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan

Rabu, 24 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Perhotelan di UU HKPD?

BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

PTKP Karyawati Kawin Bisa Ditambah jika Suami Tak Punya Penghasilan

Kamis, 25 April 2024 | 13:00 WIB KEANGGOTAAN OECD

OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

Kamis, 25 April 2024 | 12:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Badan Pakai Stempel Perusahaan yang Berbeda, SPT Tahunan Tetap Sah?

Kamis, 25 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN MONETER

Parkir DHE SDA di Dalam Negeri, Kepatuhan Eksportir sudah 93-95 Persen

Kamis, 25 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya

Kamis, 25 April 2024 | 10:00 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Tak Setor PPN Rp605 Juta, Direktur CV Diserahkan ke Kejaksaan

Kamis, 25 April 2024 | 09:30 WIB PROVINSI BENGKULU

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemprov Bengkulu Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Kamis, 25 April 2024 | 09:12 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Naikkan Tax Ratio 2025, Kadin Harap Ekstensifikasi Pajak Digencarkan