DDTC ACADEMY - PRACTICAL COURSE

Pahami Langkah Pendokumentasian Transfer Pricing 2023 di Pelatihan Ini

DDTC Academy | Rabu, 26 Juli 2023 | 15:03 WIB
Pahami Langkah Pendokumentasian Transfer Pricing 2023 di Pelatihan Ini

Practical Course: Transfer Pricing Documentation.

BERDASARKAN PMK-213/2016, perusahaan diwajibkan untuk menyediakan dokumentasi transfer pricing paling lambat 4 bulan setelah akhir tahun pajak. Perlu diingat bahwa transfer pricing adalah area yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2022 lalu, OECD telah merilis edisi terbaru panduan transfer pricing. Panduan ini relevan bagi perusahaan multinasional dan otoritas pajak. Edisi terbaru ini menggabungkan perubahan dari beberapa panduan yang sebelumnya dirilis dalam periode 2017-2021 ke dalam OECD Transfer Pricing Guidelines edisi 2017.

Dalam menyusun dokumen transfer pricing, perusahaan harus memperhatikan ketentuan terbaru mengenai transfer pricing, terutama dalam penerapan prinsip arm's length seperti yang diatur dalam PMK 22/2020 dan juga beberapa ketentuan transfer pricing baru di PP 55/2022.

PP 55/2022 mengatur tentang hubungan istimewa dan kriteria penguasaan dalam hubungan tersebut. Selain itu, peraturan ini juga mencakup instrumen khusus dan instrumen umum antipenghindaran pajak. Pemerintah melalui beleid ini juga memberikan kewenangan kepada direktur jenderal pajak untuk menentukan kembali besarnya penghasilan dan/atau pengurangan untuk menghitung besarnya penghasilan kena pajak. Selain itu ada juga aturan mengenai metode transfer pricing.

Penting bagi kita untuk terus mengembangkan pemahaman mengenai prinsip dan isu-isu transfer pricing sejalan dengan perkembangan aturan dan pemajakan atas perusahaan multinasional di berbagai yurisdiksi saat ini.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perubahan dalam edisi terbaru panduan transfer pricing dari OECD, dan juga ketentuan domestik terbaru terkait dengan transfer pricing dan mendapatkan kiat praktis dalam proses penyusunan dokumen transfer pricing, DDTC Academy akan mengadakan Practical Course: Transfer Pricing Documentation.

Pelatihan ini akan dilaksanakan dalam 2 sesi pada Sabtu, 26 Agustus dan 2 September 2023, dari pukul 09.30-15.30 WIB secara daring dan eksklusif melalui Zoom Meeting.

Practical Course: Transfer Pricing Documentation tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan teknis mengenai dokumentasi transfer pricing, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek yang terkait.

Peserta juga akan dibekali dengan pemahaman praktis dan teoritis serta sesuai peraturan yang berlaku mengenai dokumentasi transfer pricing, di antaranya:

  • Recent developments in the OECD 2022 transfer pricing guidelines and OECD guidance on transfer pricing implications of the COVID-19 pandemic

  • Overview of transfer pricing regulatory updates in Indonesia

  • Impact of PP 55/2022 on the application of the substance over form principle

  • Practical case studies: examples of transactions that would be subject to be reviewed

  • Basic framework for transfer pricing documentation in line with the latest regulatory requirements

  • Implementation of functional and risk analysis

  • Comparability analysis

  • Application of transfer pricing methods

  • Ex-ante vs ex-post analysis

  • Benchmarking analysis 

  • Comparability adjustments related to the pandemic and determine the arm's length outcome

DDTC Academy menghadirkan pakar transfer pricing yang telah tersertifikasi dan berpengalaman dalam dokumentasi transfer pricing, yaitu Manager of DDTC Consulting, Pretty Wulandari, S.I.A., BKP. dan Assistant Manager of DDTC Consulting, Verawaty, S.E., BKP., ADIT.

Practical course ini terbuka untuk umum. Bagi Anda praktisi pajak, profesional, pemerintah, tenaga pengajar, ataupun mahasiswa dapat mempelajari dan mempraktekkannya secara langsung dibimbing oleh profesional DDTC.

Segera daftar pada link berikut: https://academy.ddtc.co.id/practical_course 

Spesial! Pada Practical Course: Transfer Pricing Documentation kali ini, kami memberikan harga khusus Rp3.000.000,00.

Para peserta akan memperoleh berbagai fasilitas seperti materi pre-reading, studi kasus ter-update, modul pembelajaran yang lengkap, dan e-sertifikat. Tak hanya itu, peserta akan memperoleh sesi live practice untuk menguji pemahaman yang diajarkan serta sesi diskusi dan tanya jawab interaktif.

Sebagai tambahan informasi, dalam ITR Asia-Pacific Tax Awards 2023, DDTC menjadi nominasi (shortlisted candidate) pada 11 kategori. Dari 11 kategori tersebut, DDTC masuk ke dalam 7 kategori pada kelompok Regional Awards di level Asia-Pasifik. Sebelumnya pada 2022, DDTC berhasil memenangkan Asia-Pacific Pro Bono Firm of the Year di level Asia-Pasifik. Sementara dalam ajang yang sama pada 2021, DDTC memenangkan penghargaan Indonesia Transfer Pricing Firm of the Year

DDTC juga memiliki DDTC Academy yang memberikan program pelatihan pajak internasional dan transfer pricing dengan standar tinggi. DDTC Academy menjadi satu-satunya penyedia pelatihan persiapan sertifikasi ADIT di Indonesia yang direkomendasikan Chartered Institute of Taxation (CIOT).

Ayo, segera daftarkan diri Anda sekarang pada link berikut ini:

https://academy.ddtc.co.id/practical_course

Membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi Hotline DDTC Academy +62812-8393-5151 (Vira), email [email protected] (Vira), atau melalui akun Instagram DDTC Academy Instagram (@ddtcacademy). (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 16:55 WIB DDTC ACADEMY - ADIT EXAM PREPARATION COURSE

Siapkah Anda Mendapatkan Sertifikasi Pajak Global? Ikuti Persiapannya!

Senin, 29 April 2024 | 08:45 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Diskon Tarif Pasal 31E UU PPh Tak Ada Batas Waktu Asal Penuhi Kriteria

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 09:50 WIB PEMERIKSAAN PAJAK

Terkait Transfer Pricing, Pemeriksaan Kantor Bisa Diubah ke Lapangan

BERITA PILIHAN
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:00 WIB KABUPATEN BONDOWOSO

Pemkab Tetapkan Tarif PBB Bervariasi Tergantung Jenis Objek dan NJOP

Jumat, 10 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kondisi Apa yang Bikin Status PKP Dicabut secara Jabatan oleh DJP?

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Batasan Nilai Transaksi yang Dipotong PPN oleh BUMN dan Pemerintah

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?

Jumat, 10 Mei 2024 | 11:30 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Peraturan Baru Menteri Keuangan Soal Rush Handling, Download di Sini!

Jumat, 10 Mei 2024 | 10:00 WIB PROVINSI SULAWESI SELATAN

Sudah Berlaku! Simak Daftar Tarif Terkini Pajak di Sulawesi Selatan