DENMARK

Negara Ini Beli Mahal Dokumen Panama Papers

Redaksi DDTCNews | Kamis, 08 September 2016 | 11:53 WIB
Negara Ini Beli Mahal Dokumen Panama Papers Menteri Pajak Denmark Karsten Lauritzen. (Foto: jubii.dk)

COPENHAGEN, DDTCNews – Denmark nampaknya menjadi negara pertama yang membeli bocoran dokumen Panama Papers yang sempat mengguncang dunia beberapa waktu lalu. Dokumen itu akan digunakan menginvestigasi 500-600 wajib pajak Denmark yang diduga melakukan praktik penghindaran pajak.

Menteri Pajak Denmark Karsten Lauritzen mengatakan Pemerintah Denmark berkenan membayar DKK9 juta atau sekitar Rp17,9 miliar demi mendapat data sakti tersebut. Dokumen itu dibeli dari seseorang tak beridentitas (anonim) yang sebelumnya sempat mengirimkan sampel dokumen.

“Sumber tersebut mengirimkan beberapa sampel dan pemerintah memutuskan menganalisis data tersebut. Setelah sepakat bahawa dokumen tersebut real, kami melakukan negosiasi dengan partai politik di parlemen untuk membeli dokumen Panama Papers,” ungkapnya, kemarin (7/9).

Baca Juga:
Denmark Bakal Pungut Pajak Lingkungan Atas Tiket Pesawat

Parlemen di Denmark mendukung pemerintah untuk membeli dokumen tersebut, karena dinilai mengandung banyak informasi yang sangat berguna. Ia pun menuturkan beberapa data yang telah dilihat menunjukkan informasi yang relevan dan valid terkait ratusan wajib pajak Denmark.

Meskipun sudah mantap, uang tersebut belum dibayarkan karena belum ada kesepakatan terkait angka yang ditawarkan oleh Pemerintah Denmark. Namun Karsten mengatakan harga dokumen tersebut antara DKK1-DKK9 juta atau sekitar Rp2 miliar hingga Rp17,8 milar.

Uang yang akan digunakan tentunya berasal dari pajak yang dibayarkan masyarakat. "Pemerintah merasa berutang kepada wajib pajak Denmark yang selama ini telah menjalankan kewajiban perpajakannya dengan benar. Namun, ini menjadi pembuktian bahwa mereka bersih dari kasus semacam ini," tambah Lauritzen.

Baca Juga:
Koin Game Online Jadi Objek PPN di Denmark, Ternyata Ini Alasannya

Hingga saat ini, Pemerintah Denmark telah memulai penyelidikan kepada 8 bank Denmark. Namun laporan awal penyelidikan menunjukkan bahwa tidak ada kepastian penggunaan akun bank luar negeri digunakan untuk pencucian uang maupun penghindaran pajak.

Sebaga informasi, Panama Papers merupakan kasus kebocoran data terbesar sepanjang sejarah yang dirilis April 2016 lalu. Kebocoran dari perusahaan hukum Mossack Fonseca itu berisi 12,7 juta dokumen rahasia.

Dokumen tersebut berisi daftar berbagai macam perusahaan luar negeri (offshore companies) yang didirikan di negara tax haven seperti British Virgin Islands, dengan disertai data identitas pemilik aset tersebut (beneficial owner). (Amu)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak