KINERJA FISKAL

Harga Komoditas Melemah, Setoran PNBP Melandai

Redaksi DDTCNews | Selasa, 19 Maret 2019 | 19:41 WIB
Harga Komoditas Melemah, Setoran PNBP Melandai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers APBN Kita. (foto: Twitter Kemenkeu)

JAKARTA, DDTCNews – Melemahnya harga komoditas membuat setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang melandai. Fenomena ini sudah terjadi sejak awal tahun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan faktor melandainya setoran PNBP tidak lepas dari turunnya harga komoditas di pasar internasional. Turunnya permintaan global membuat ekspor komoditas RI tidak setinggi tahun lalu.

“PNBP terasa sekali kalau kita lihat dari pelemahan harga komoditas sehingga PNBP hanya tumbuh 1,3% dari tahun lalu,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (19/3/2019).

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Warga yang Adopsi Hewan Liar

Selain faktor harga komoditas, nilai tukar rupiah yang stabil pada pembuka tahun juga memainkan peran penting. Pasalnya, gejolak nilai tukar sepanjang tahun lalu membuat nilai ekspor komoditas RI meningkat karena depresiasi nilai tukar.

Pada akhir Februari 2019 setoran PNBP tercatat senilai Rp39,9 triliun. Capaian tersebut hanya tumbuh 1,3% dari periode yang sama tahun lalu. Padahal, pada 2018, setoran PNBP dapat tumbuh double digit atau persisnya sebesar 34,7% dari tahun fiskal 2017.

“Penerimaan PNBP SDA tahun lalu meningkat cukup tajam. Tahun ini tidak terjadi dan nilai kurs relatif lebih kuat,” tandasnya.

Secara keseluruhan, penerimaan negara pada Februari 2019 senilai Rp217,2 triliun. Penerimaan tersebut mayoritas disumbang setoran parpajakan sebesar Rp177,2 triliun. Kemudian, setoran PNBP tercatat senilai Rp39,9 triliun dan hibah senilai Rp62,7 triliun. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 13:17 WIB PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK

Optimalisasi Dua PP Perpajakan Migas Jadi Cara untuk Genjot PNBP Migas

Rabu, 27 Maret 2024 | 10:37 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Bertemu S&P, Sri Mulyani Sebut Konsolidasi Fiskal RI Cepat dan Kuat

Selasa, 26 Maret 2024 | 12:15 WIB KINERJA FISKAL

Pasar Keuangan Tak Stabil, Penarikan Utang APBN Masih Minim

BERITA PILIHAN