UNIVERSITAS INDONESIA

Buka Acara Dies Natalis, Dekan FIA UI Singgung Soal Kesadaran Pajak

Redaksi DDTCNews | Kamis, 05 Maret 2020 | 12:01 WIB
Buka Acara Dies Natalis, Dekan FIA UI Singgung Soal Kesadaran Pajak

Dekan FIA UI Eko Prasojo. 

DEPOK, DDTCNews – Rangkaian acara Dies Natalis ke-5 Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) dimulai dengan membedah tiga buku yang terkait dengan ranah ilmu administrasi.

Dekan FIA UI Eko Prasojo membuka acara bedah buku dengan menyampaikan pidato pembukaan. Dia mengatakan ketiga buku yang dibedah isinya berkaitan erat dengan materi yang dipelajari mahasiswa di fakultasnya.

"FIA banyak berbicara terkait organisasi dari sisi tata kelola untuk mencapai tujuan baik pada level pemerintahan dan juga swasta," katanya di Auditorium Juwono Sudarsono Kampus Fisip UI, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga:
Tingkatkan Kesadaran Pajak, Uni Emirat Arab Terbitkan Taxpayer Charter

Secara khusus, Eko menyampaikan pada aspek kebijakan perpajakan diperlukan perubahan mendasar. Selama ini perbaikan kebijakan perpajakan hanya dialamatkan kepada Ditjen Pajak (DJP) sebagai institusi yang mengumpulkan penerimaan pajak.

Hal tersebut tidaklah cukup karena pungutan pajak juga melibatkan masyarakat sebagai wajib pajak. Peningkatan kesadaran dalam membayar pajak dinilai masih menjadi aspek sentral yang perlu dimaksimalkan pemerintah dalam konteks pembenahan kebijakan pajak.

“Terkait soal pajak yang selalu dilakukan adalah perbaikan organisasi dan manajemen, tapi bukan kesadaran masyarakatnya dalam membayar pajak. Jadi yang diperbaiki adalah kantor pajaknya," paparnya.

Baca Juga:
Rencana Pengenaan PPnBM di Malaysia Ditangguhkan Sementara

Dalam acara bedah buku kali ini, paparan pertama disampaikan oleh Eko Prasojo yang menjadi salah satu penulis dalam buku 'Memimpin Reformasi Birokrasi’. Selanjutnya Hora Tjipta memaparkan isi dari buku berjudul 'Dua Sisi Mata Uang'.

Kemudian, Partner DDTC Fiscal Research & Training Services B. Bawono Kristiaji menyampaikan buku karya Gatot Subroto yang berjudu ‘Pajak dan Pendanaan Peradaban Indonesia’. Buku ini menjadi edisi perdana Seri Pajak dan Pembangunan yang diterbitkan oleh DDTC Fiscal Research. Anda bisa menyimak ulasan buku ini pada artikel ‘Aspek Politik Penentu Keberhasilan Pemajakan di Indonesia’.

Setelah pemaparan dari ketiga narasumber tersebut, acara dilanjutkan dengan ulasan ahli. Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengulas buku 'Memimpin Reformasi Birokrasi’.

Dosen FIA UI Pantius Drahen Soeling hadir sebagai pembahas buku bertajuk 'Dua Sisi Mata Uang' dan Guru Besar FIA UI Haula Rosdiana mengulas buku ‘Pajak dan Pendanaan Peradaban Indonesia’ karya Gatot Subroto. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

05 Maret 2020 | 13:32 WIB

Setuju dengan Prof. Eko! Memang gak bisa hanya berat sebelah dengan melimpahkan seluruhnya di DJP saja, tapi juga perlu voluntary tax compliance dari berbagai kalangan. Perlu juga gotong royong dalam mengingatkan satu sama lain

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 09 April 2024 | 10:00 WIB MALAYSIA

Rencana Pengenaan PPnBM di Malaysia Ditangguhkan Sementara

Senin, 08 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Kemendagri Dukung Pemda Larang Penunggak Pajak Beli BBM Subsidi

Jumat, 05 April 2024 | 18:02 WIB PMK 60/2023

Pasutri Hanya Dapat Pembebasan PPN atas 1 Unit Rumah Umum

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M