KEBIJAKAN PEMERINTAH

Resmi! Jokowi Luncurkan Program Bantuan Presiden Usaha Mikro Kecil

Dian Kurniati
Senin, 24 Agustus 2020 | 14.41 WIB
Resmi! Jokowi Luncurkan Program Bantuan Presiden Usaha Mikro Kecil

Presiden Joko Widodo. (foto: hasil tangkapan dari medsos)

JAKARTA, DDTCNews—Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan program bantuan presiden (banpres) produktif berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk usaha mikro dan kecil senilai Rp2,4 juta.

Banpres produktif, lanjut presiden, akan melengkapi berbagai skema insentif yang diberikan pemerintah untuk UMKM. Mulai dari, subsidi bunga kredit, insentif pajak, kredit modal kerja, hingga penempatan dana di perbankan untuk merelaksasi kredit UMKM.

"Sekali lagi, banpres produktif ini adalah hibah. Bukan pinjaman, bukan kredit. Banpres ini diharapkan bisa membantu usaha mikro dan kecil memulihkan usahanya di tengah pandemi," katanya, Senin (24/8/2020).

Jokowi menambahkan penyaluran banpres produktif tahap pertama akan menyasar 1 juta UMK. Dia berharap banpres produktif dimanfaatkan pelaku usaha mikro dan kecil sebagai tambahan modal usaha, seperti memperbanyak barang dagangan.

Presiden juga berpesan banpres produktif digunakan untuk kebutuhan usaha, bukan dipakai hal konsumtif. Selain itu, ia juga mengimbau pelaku usaha selalu mengikuti protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan usahanya.

Di depan para pelaku UMK yang hadir dalam acara peluncuran maupun yang menyaksikan secara virtual, Jokowi memahami kesulitan yang harus dihadapi pelaku usaha akibat pandemi virus Corona.

Menurutnya penurunan omzet dan keuntungan tersebut dihadapi oleh hampir semua pelaku usaha. Namun, presiden optimistis perekonomian akan segera membaik setelah vaksin Covid-19 ditemukan dan dilakukan vaksinasi secara nasional.

"Kalau uji klinis selesai, kemudian disuntikkan atau vaksinasi dilakukan, kita harap Insyaallah kondisi normal kembali akan muncul, sehingga omzet bapak-ibu akan normal seperti sebelum pandemi," ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyiapkan anggaran senilai Rp28,8 triliun untuk program banpres produktif. Dana itu diperkirakan mampu menjangkau 12 juta UMK. Rencananya, pencairan BLT akan dilakukan secara bertahap. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
user-comment-photo-profile
Kartini
baru saja
assalamualaikum pak mohon bantuan nya untuk usaha kami usaha tenda bazar ini nmr hp 081388893153 kami sma nmr rek 833981184226583
user-comment-photo-profile
Jhou Chen
baru saja
sangat bagus programnya,apa program ini sampai dipapua juga dan dimana pengurusannya
user-comment-photo-profile
Jhou Chen
baru saja
sangat bagus programnya,apa program ini sampai dipapua juga dan dimana pengurusannya