KEBIJAKAN FISKAL

Pemerintah Sebut Proses Restitusi Pajak Dioptimalkan

Redaksi DDTCNews
Selasa, 2 Juli 2024 | 16.35 WIB
Pemerintah Sebut Proses Restitusi Pajak Dioptimalkan

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Untuk mengamankan target penerimaan pajak dalam APBN 2024, pemerintah akan mengoptimalkan proses restitusi.

Berdasarkan pada Laporan APBN Kita edisi Juni 2024, optimalisasi proses restitusi dilakukan bersamaan dengan peningkatan kepatuhan pajak dan penguatan basis pajak. Pemerintah mengatakan upaya untuk mencapai target penerimaan pajak pada tahun ini cukup menantang.

“Optimalisasi proses restitusi dimaksudkan untuk menghindari kesalahan, mempercepat proses, dan memastikan bahwa restitusi yang diberikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tulis pemerintah dalam laporan tersebut, dikutip pada Selasa (2/7/2024).

Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan pajak pada 1 Januari hingga 31 Mei 2024 senilai Rp760,38 triliun atau 38,23% dari target. Kinerja penerimaan pajak ini terkontraksi atau minus 8,44% (year on year/yoy).

Pemerintah, masih dalam laporan tersebut, mengatakan penurunan signifikan dalam penerimaan pajak terutama disebabkan oleh 2 faktor. Pertama, peningkatan restitusi. Kedua, penurunan pembayaran PPh Pasal 25/29 badan (PPh Badan).

“Restitusi yang lebih tinggi menunjukkan kewajiban pengembalian pajak yang lebih besar kepada wajib pajak, sedangkan penurunan pembayaran PPh badan menandakan tantangan dalam kinerja korporasi dan kepatuhan pajak,” tulis pemerintah.

Adapun realisasi penerimaan PPh badan berdampak signifikan terhadap capaian penerimaan pajak sampai Mei 2024. Pemerintah mengatakan PPh badan terkontraksi 35,68% (yoy) akibat penurunan pembayaran tahunan dan angsuran dari wajib pajak badan serta peningkatan restitusi.

“Sektor yang terdampak negatif dari peningkatan restitusi dan penurunan PPh badan adalah sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, dan sektor pertambangan,” imbuh pemerintah. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.