Dirjen Pajak Suryo Utomo berbincang dengan wajib pajak yang mengunjungi Pojok Pajak Mal Central Park, Jakarta Barat, Minggu (12/3/2023).
JAKARTA, DDTCNews – Otoritas berharap layanan pojok pajak dapat memberi kemudahan bagi wajib pajak.
Dirjen Pajak Suryo Utomo menyampaikan harapan tersebut saat meninjau Pojok Pajak Mal Central Park, Jakarta Barat, Minggu (12/3/2023). Dalam kesempatan tersebut, dia berbincang dengan para wajib pajak yang datang memanfaatkan layanan konsultasi di pojok pajak tersebut.
“Terima kasih kepada wajib pajak yang sudah memenuhi kewajiban perpajakannya. Layanan pojok pajak ini diharapkan memudahkan wajib pajak yang membutuhkan layanan perpajakan,” ujar Suryo, dikutip dari keterangan resmi Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jakarta Barat.
Layanan Pojok Pajak Mal Central Park akan dibuka hingga 31 Maret 2023. Layanan dibuka pukul 11.00 WIB dan ditutup pukul 15.00 WIB. Pojok pajak melayani asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.
Selain asistensi pelaporan SPT Tahunan, pojok pajak juga melayani wajib pajak yang ingin melakukan aktivasi electronic filing identification number (EFIN), konsultasi perpajakan, serta pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Hingga 13 Maret 2023, jumlah SPT Tahunan yang sudah masuk di Kanwil DJP Jakarta Barat sebanyak 114.903. Jumlah itu terdiri atas 3.664 SPT Tahunan wajib pajak badan, 92.558 SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi karyawan, dan 18.684 SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi nonkaryawan.
Dalam kesempatan tersebut, Suryo juga berbincang terkait dengan kewajiban pelaporan perpajakan yang masih belum dipahami wajib pajak. Salah satu wajib pajak yang bernama Hendri mengaku terbantu dengan adanya pojok pajak.
“Sekarang pajak sudah jauh lebih baik karena fasilitasnya sudah bisa diakses dari banyak device,” ujar Hendri. (kaw)