KABUPATEN SRAGEN

Target Dipangkas, Realisasi Pajak Kendaraan Masih Jeblok

Redaksi DDTCNews
Senin, 09 November 2020 | 16.18 WIB
Target Dipangkas, Realisasi Pajak Kendaraan Masih Jeblok

Ilustrasi. (Foto: DDTCNews)

SRAGEN, DDTCNews - Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) untuk wilayah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah diprediksi sulit mencapai target pada tahun ini.

Kantor unit pengelolaan pendapatan daerah (UPPD) Bapenda Jateng wilayah Sragen Sutrisnowati mengatakan sampai awal November 2020 untuk PKB dan BBNKB secara total mencapai Rp161 miliar. Jumlah realisasi tersebut baru memenuhi 74,2% dari target tahun ini Rp217 miliar.

"Pada situasi normal pencapaian target PKB dan BBNKB per November biasanya sudah mencapai 90%," katanya di Sragen, Jawa Tengah, seperti dikutip Jumat (6/11/2020).

Sutrisnowati memaparkan realisasi penerimaan PKB dan BBNKB di wilayah Sragen tetap berat meskipun target setoran sudah direvisi oleh Bapenda Jateng.

Pada APBD murni target gabungan PKB dan BBNKB untuk wilayah Sragen ditetapkan senilai Rp252,2 miliar. Namun, akibat pandemi target tersebut dipangkas menjadi Rp217 miliar.

Dia menyebut masyarakat cenderung menahan diri untuk membeli mobil atau motor baru sehingga setoran BBNKB mengalami kontraksi pada tahun ini. Hal serupa berlaku untuk realisasi PKB di mana banyak masyarakat menunda pembayaran pajak daerah untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

"Ini bukan hanya terjadi di Sragen, tapi lingkup nasional. Semua terdampak Covid-19 sehingga pembayaran pajak kendaraan bermotor menjadi kurang lancar," ungkapnya seperti dilansir Solopos.com.

Sutrisnowati menjabarkan untuk target PKB di wilayah Sragen sampai awal November 2020 baru mencapai 82,8% dari target Rp135,6 miliar. Kemudian realisasi BBNKB baru mencapai 59,8% dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp81,4 miliar.

"Dulu setiap bulan rata-rata ada 2.700 kendaraan baru yang dibeli, beberapa bulan lalu hanya ada pembelian sekitar 300 kendaraan baru. Namun, dalam 2 bulan terakhir ada peningkatan hingga 1.000 unit. Jadi, untuk BBNKB kemungkinan hingga akhir tahun belum bisa tercapai," imbuhnya. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.