Review
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:01 WIB
OPINI PAJAK
Senin, 25 Mei 2020 | 09:30 WIB
KONSULTASI PAJAK
Minggu, 24 Mei 2020 | 14:42 WIB
LAPORAN DDTC DARI VIENNA
Sabtu, 23 Mei 2020 | 12:52 WIB
ANALISIS PAJAK
Fokus
Data & alat
Minggu, 24 Mei 2020 | 12:00 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Jum'at, 22 Mei 2020 | 10:08 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Rabu, 20 Mei 2020 | 09:59 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Rabu, 20 Mei 2020 | 09:00 WIB
KURS PAJAK 20 MEI-2 JUNI 2020
Reportase

Bentuk Usaha Tetap (BUT)

A+
A-
0
A+
A-
0
Bentuk Usaha Tetap (BUT)

KONSEP BUT memiliki peran yang penting, mengingat pemajakan atas laba usaha yang diperoleh suatu perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya secara lintas batas negara hanya dapat dipajaki di negara domisili perusahaan tersebut. Kecuali, perusahaan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan negara di mana laba usaha tersebut diperoleh (negara sumber penghasilan).

Hubungan erat yang dimaksud, terbentuk saat perusahaan tersebut menjalankan kegiatan usahanya di negara sumber penghasilan melalui suatu BUT. Jadi, BUT merupakan ambang batas bagi negara sumber penghasilan untuk dapat mengenakan pajak atas laba dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan dari negara domisili.

Dalam OECD Model maupun UN Model telah diatur mengenai bentuk-bentuk BUT, yaitu dalam Pasal 5. Bentuk-bentuk BUT seperti yang diatur dalam OECD Model adalah:

  1. Bentuk Dasar (Basic Rule PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat (1), (2), dan (3);
  2. Konstruksi (Construction PE) yang diatur Pasal 5 ayat 3; dan
  3. Keagenan (Agency PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat 5.

Sementara itu, berdasarkan UN Model, bentuk-bentuk BUT adalah:

  1. Bentuk Dasar (Basic Rule PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat (1), (2), dan (3);
  2. Konstruksi (Construction PE) yang diatur Pasal 5 ayat 3 huruf a;
  3. Pemberian Jasa (Service PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat (3) huruf b;
  4. Keagenan (Agency PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat 5; dan
  5. Asuransi (Insurance PE) yang diatur dalam Pasal 5 ayat (6).

Dari bentuk-bentuk BUT di atas, dapat dilihat bahwa pengertian BUT yang dianut oleh UN Model lebih luas dari pada OECD Model. Hal ini dikarenakan UN Model dikembangkan untuk kepentingan negara-negara pengimpor modal (capital importing countries), sehingga dengan memperluas cakupan bentuk BUT maka kesempatan mengenakan pajak akan lebih besar lagi.

Walaupun terdapat tempat usaha tetap yang dapat membentuk BUT, suatu tempat usaha tetap tidak dapat dikatakan sebagai BUT sepanjang kegiatan yang dilakukan terbatas pada kegiatan-kegiatan yang dirumuskan dalam Pasal 5 ayat (4) OECD Model dan UN Model.

Menurut Pasal 5 ayat (4) OECD Model, kegiatan-kegiatan tersebut adalah:

  1. Kegiatan menyimpan, memamerkan atau menyerahkan barang atau barang dagangan milik subjek pajak luar negeri yang terdapat di negara domisili;
  2. Kegiatan pembelian barang atau barang dagangan atau mengumpulkan informasi untuk keperluan perusahaan;
  3. Kegiatan pengurusan suatu barang atau barang dagangan kepunyaan perusahaan yang semata-mata ditujukan untuk diproses lebih lanjut oleh perusahaan lain;
  4. Kegiatan yang bersifat persiapan atau bersifat penunjang.

Sedikit berbeda dengan OECD Model, Pasal 5 ayat (4) UN Model mempersempit ruang lingkup kegiatan yang dikecualikan dari pembentukan BUT, yaitu dengan menghilangkan kegiatan penyerahan (delivery) dalam klausulnya. Dengan demikian, pengertian BUT menjadi lebih luas.

Selain menjelaskan bentuk-bentuk BUT serta pengecualiannya, OECD Model juga mencakup penjelasan mengenai BUT Subsidiary yang diatur dalam Pasal 5 ayat (7). Pasal tersebut menjelaskan bahwa anak perusahaan (yang merupakan entitas legal yang terpisah dari perusahaan induk) yang dikendalikan oleh suatu perusahaan induk tidak dapat serta merta dianggap sebagai BUT dari perusahaan induk.

Isu lainnya, penambahan kriteria pembentukan BUT (nexus) melalui kehadiran digital yang signifikan (significant digital presence) atau disebut dengan BUT Virtual. Rekomendasi ini disarankan dalam Rencana Aksi Nomor 1 dari proyek Base Erosion and Profit Shifting (BEPS).

Topik : Pajak internasional, P3B, tax treaty, Darussalam
Komentar
Dapatkan hadiah berupa uang tunai yang diberikan kepada satu orang pemenang dengan komentar terbaik. Pemenang akan dipilih oleh redaksi setiap dua pekan sekali. Ayo, segera tuliskan komentar Anda pada artikel terbaru kanal debat DDTCNews! #MariBicara
*Baca Syarat & Ketentuan di sini
0/1000
Sampaikan komentar Anda dengan bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, sesuai UU ITE.
artikel terkait
Minggu, 29 Maret 2020 | 09:44 WIB
PAJAK INTERNASIONAL
Sabtu, 28 Maret 2020 | 14:31 WIB
PAJAK INTERNASIONAL
Sabtu, 28 Maret 2020 | 06:25 WIB
LAPORAN DDTC DARI VIENNA
Kamis, 26 Maret 2020 | 21:45 WIB
PMK 22/2020
berita pilihan
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:48 WIB
KONSULTASI
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:38 WIB
KEPATUHAN PAJAK
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:35 WIB
INSENTIF PAJAK
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:01 WIB
OPINI PAJAK
Selasa, 26 Mei 2020 | 08:04 WIB
BERITA PAJAK HARI INI
Senin, 25 Mei 2020 | 14:33 WIB
PENGADILAN PAJAK (12)
Senin, 25 Mei 2020 | 13:52 WIB
RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI
Senin, 25 Mei 2020 | 13:12 WIB
KINERJA FISKAL
Senin, 25 Mei 2020 | 12:01 WIB
KAMUS PAJAK