YUNANI

Bayar Online untuk 18 Jasa Profesi Ini Bisa Dapat Diskon Tarif PPh

Redaksi DDTCNews | Kamis, 29 Juli 2021 | 11:30 WIB
Bayar Online untuk 18 Jasa Profesi Ini Bisa Dapat Diskon Tarif PPh

Ilustrasi. Para wisatawan terlihat di depan toko dan restoran tutup di kota Mykonos saat Yunani melarang musik di restoran dan bar dan memberlakukan jam malam di pulau Mykonos, di Mykonos, Yunani, Minggu (18/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Louiza Vradi/hp/cfo

ATHENA, DDTCNews - Kementerian Keuangan Yunani menawarkan insentif bagi wajib pajak yang melakukan pembayaran secara elektronik atas jasa dari 18 kategori profesi profesional, termasuk jasa konsultasi dokter.

Kementerian Keuangan menetapkan insentif pajak berlaku pada pembayaran online dari 18 kategori profesi profesional dan bisnis. Salah satu profesi yang mendapatkan insentif adalah pembayaran atas jasa kesehatan atau konsultasi dokter.

"Idenya adalah untuk memotivasi konsumen melakukan pembayaran elektronik dan mencegah para profesional mengelak dari pajak," tulis Kementerian Keuangan dalam keterangan resmi, dikutip pada Kamis (29/7/2021).

Baca Juga:
DPR Ini Usulkan Insentif Pajak untuk Toko yang Beri Diskon ke Lansia

Aturan insentif pembayaran online pada 18 jenis profesi profesional berlaku untuk semua jenis saluran elektronik seperti kartu debit/kredit, e-banking dan bentuk lain sebagainya. Wajib pajak bisa terhindar dari pengenaan tarif PPh orang pribadi 30%.

Nilai maksimal dari insentif pajak berlaku sebesar €5.000 untuk setiap wajib pajak atau setara dengan Rp85,9 juta. Wajib pajak yang melakukan pembayaran online akan dikenakan pajak atas transaksi tersebut dengan tarif sebesar 22%.

Kemenkeu menyebutkan insentif tersebut dapat menghemat pembayaran PPh orang pribadi secara tahunan. Jika pembayar pajak memiliki pendapatan tahunan hingga €10.000 maka penghematan pajak mencapai €450 per tahun. Nilainya akan makin meningkat hingga mencapai €2.000 per tahun untuk wajib pajak dengan pendapatan lebih dari €40.000 per tahun.

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Warga yang Adopsi Hewan Liar

Otoritas fiskal memproyeksikan nilai belanja perpajakan dari insentif PPh pembayaran online setiap tahun mencapai €7 juta. Angka tersebut berasal dari prediksi nilai transaksi yang mendapatkan insentif sebesar €31 juta.

"Insentif ini tidak hanya untuk mengurangi potensi praktik penghindaran pajak pada layanan dokter di fasilitas kesehatan premium, tetapi juga membantu wajib pajak mendapatkan insentif pajak," sebut Kemenkeu seperti dilansir ekathimerini.com. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi