AUSTRALIA

Wow, Negara ini Rutin Naikkan Tarif Cukai Alkohol Tiap Enam Bulan

Dian Kurniati | Jumat, 31 Januari 2020 | 15:01 WIB
Wow, Negara ini Rutin Naikkan Tarif Cukai Alkohol Tiap Enam Bulan

ilustrasi.

CANBERRA, DDTCNews—Australia menjadi negara yang memiliki tarif cukai alkohol tertinggi ke-4 di dunia seiring dengan kenaikan tarif cukai secara rutin atau setiap enam bulan dalam 35 tahun terakhir ini.

Warga Australia saat ini membayar cukai AU$2,23 untuk per liter minuman beralkohol yang dijual di pasar eceran. Harga itu jauh lebih tinggi ketimbang AS sekitar AU$0,28 per liter atau Jerman AU$0,12 per liter.

Bukan tanpa sebab, tarif cukai alkohol di Australia sangat tinggi. Pasalnya, tarif cukai rutin dinaikkan 1,2% untuk setiap enam bulan. Saat ini, tarif cukai alkohol dipatok AU$22,82 atau setara dengan Rp209.700 untuk sekaleng bir dengan kadar alkohol 5%.

Baca Juga:
Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar

Gara-gara cukai yang tinggi, hampir setengah dari harga bir masuk menyumbang penerimaan pajak. Sekadar ilustrasi, satu karton bir di pasar eceran senilai AU$53,99 persen. Dari total harga itu, sekitar 43% dipungut pajak.

Tahun lalu saja, pemerintah Australia memperoleh total penerimaan pajak alkohol sebesar AU$3,6 miliar atau setara dengan Rp33.08 triliun.

Ketua Asosiasi Produsen Bir Australia (Brewers Association of Australia) Brett Heffernan mengatakan kenaikan pajak alkohol harus dihentikan lantaran telah mengurangi daya beli masyarakat terhadap minuman alkohol.

Baca Juga:
Ada Cuti Bersama, Layanan Tatap Muka Kantor Pajak Libur Sampai 12 Mei

“Orang-orang Australia bahkan tidak tahu mereka sedang diserang, apalagi begitu keras dan tanpa henti. Pajak bir sekarang di luar kendali," kata Heffernan, dikutip dari Dailymail, Jumat (31/01/2020).

Namun demikian, usulan Asosiasi Produsen Bir Australia itu ditentang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut WHO, pajak alkohol merupakan salah satu cara paling efektif dalam mengontrol konsumsi alkohol. (rig)a




Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar

BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar