UNIVERSITAS GUNADARMA

Tax Center UG Gelar Workshop Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan

Redaksi DDTCNews | Kamis, 07 Desember 2023 | 11:08 WIB
Tax Center UG Gelar Workshop Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan

JAKARTA, DDTCNews – Tax Center Universitas Gunadarma menggelar workshop program pembinaan UMKM berbasis kemitraan pada Rabu (6/12/2023). Workshop seri kedua ini mengambil tema Strategi UMKM Menembus Pasar Global Melalui Platform Digital.

Workshop ini kelanjutan dari seri pertama bertajuk Peluang Akses Pasar Global Melalui Sertifikasi Kualitas Produk dan Manajemen Rantai Pasok UMKM pada Rabu (15/11/2023). Workshop seri kedua ini diikuti 40 pelaku UMKM binaan Tax Center Universitas Gunadarma dan dosen PkM-Abdimas.

“Di samping itu, workshop ini juga memfasilitasi pojok konsultasi bagi UMKM dengan dosen PkM terkait dengan manajerial dan tata kelola usaha, serta expo atau mini (stall) bazar, di mana UMKM dapat memperkenalkan dan memasarkan produk dan jasa,” ujar Ketua Pelaksana Beny Susanti.

Baca Juga:
Belum Ada Perkada Insentif Pajak Hiburan, Pemda Bisa Ambil Diskresi

Universitas Gunadarma, sambungnya, siap mendukung dan membina UMKM dalam pengembangan usahanya dari konvensional ke ranah digital. Harapannya, UMKM dapat naik kelas dengan visi mampu menembus pasar global.

Adanya workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas pengelola dan pemilik UMKM dalam pemanfaatan platform digital, seperti media sosial dan marketplace. Platform digital dapat digunakan untuk memperkenalkan keungulan produk sehingga jangkauan pemasaran lebih luas.

PIC Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan Kedaireka 2023 sekaligus Ketua Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma Dharma Tintri Ediraras mengatakan UMKM diharapkan menyadari bahwa mimpi dan visi global merupakan modal utama.

Baca Juga:
Begini Angsuran PPh Pasal 25 Setelah 2023 Tidak Pakai Pajak Final UMKM

“UMKM didorong untuk go public dan mulai membekali diri dengan ilmu manajemen, keuangan, dan juga digital marketing,” ujar Dharma Tintri Ediraras.

Workshop ini menghadirkan 3 narasumber. Pertama, Founder dari KebunSehat.id sekaligus Founder Hijrah Bisnis Model Wusda Hetsa Ribawa. Dia memberikan edukasi tentang optimasi digital marketing berdasarkan pengalamannya mendamping lebih dari 1.000 UMKM sejak 2012.

Dari 60 juta UMKM, kebanyakan pertukaran ekonomi yang terjadi masih dalam skema offline. UMKM dapat menggunakan digital marketing sebagai tools tetapi tidak boleh terlalu bergantung. Membangun kepercayaan customer dan membangun brand tetap membutuhkan strategi offline.

Baca Juga:
Penentuan Besaran Peredaran Bruto dalam Penghitungan PPh Final UMKM

Dia mengatakan ketika memasuki pasar digital, UMKM harus siap dengan persaingan yang makin terbuka. UMKM perlu mengidentifikasi platform digital yang cocok untuk bisnisnya. Kemudian, UMKM harus melakukan optimasi agar transaksi penjualan bisa terjadi.

“UMKM juga perlu melakukan riset pasar, memiliki komunitas dan mentor, memiliki database customer, dan melakukan maintenance customer,” kata Wusda Hetsa Ribawa.

Kedua, Sri Yuliastuti, pemilik PT Rendang Uni Tutie. Dia memaparkan strategi dan cara pemasaran produk UMKM Rendang Uni Tutie di pasar global berdasarkan pada keberhasilannya menjual produk ke beberapa negara.

Baca Juga:
Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Menurut dia, konsumen mancanegara biasanya mensyaratkan produk yang sudah legal dan aman. Untuk memasuki pasar global, UMKM perlu menyiapkan beberapa sertifikasi seperti izin edar PIRT/ BPOM RI MD, sertifikasi halal, sertifikasi HACCP, COA, dan health certificate dari BPOM.

“Selain itu, beberapa negara mewajibkan produk yang dijual harus terdaftar di negara tujuan,” ujar Sri Yuliastuti.

Ketiga, Co-Founder Kemang Kres Evans Winanda Wirga. Dia memaparkan strategi dan cara foto produk kreatif dan menarik menggunakan tools AI. Digital marketing merupakan salah satu elemen penting dalam penjualan produk UMKM.

Baca Juga:
DJP: Pengeluaran Terkait Natura Silakan Dibiayakan, Asal Penuhi 3M

Salah satu alat pendukung penting dalam digital marketing adalah konten berupa foto produk. Sebagian besar pembeli online berpendapat kualitas foto merupakan faktor terpenting online shop. Untuk itu, UMKM perlu memulai membuat konten foto produk, salah satunya dengan smartphone.

Dengan perkembangan teknologi digital saat ini, UMKM juga dapat menggunakan tools AI seperti ChatGPT dan Photoroom untuk membantu pembuatan konten marketing berupa teks, foto, ataupun video. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 15:41 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Angsuran PPh Pasal 25 Setelah 2023 Tidak Pakai Pajak Final UMKM

Minggu, 28 April 2024 | 09:30 WIB KANWIL DJP SULSELBARTRA

Lapor SPT Tidak Lengkap dan Tilap Uang Pajak, Direktur PT Masuk Bui

BERITA PILIHAN
Rabu, 01 Mei 2024 | 15:45 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Peringati Hardiknas, SMAN 8 Yogyakarta Gelar Webinar Gratis!

Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Kriteria-Perbedaan Barang Kiriman Hasil Perdagangan dan Nonperdagangan

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:33 WIB KURS PAJAK 01 MEI 2024 - 07 MEI 2024

Berjalan Sebulan Lebih, Kurs Pajak Berlanjut Melemah terhadap Dolar AS