IRLANDIA

Sempat Tertunda, Pajak Minuman Berpemanis Akhirnya Diterapkan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 04 Mei 2018 | 18:02 WIB
Sempat Tertunda, Pajak Minuman Berpemanis Akhirnya Diterapkan

DUBLIN, DDTCNews – Irlandia akhirnya memberlakukan pajak pada minuman berpemanis (sugar sweetened drinks tax/SSDT) per 1 Mei 2018, setelah sempat menundanya pada bulan lalu seiring menunggu persetujuan Uni Eropa.

Kebijakan ini berlaku seperti implementasi cukai yang akan diadministrasikan melalui skema self-assessment. SSDT akan dikenakan pada pasokan pertama minuman berpemanis di Irlandia, sehingga pemasok pertama bertanggung jawab untuk menghitung dan membayar tagihan pajaknya.

Seperti diberitakan tax-news.com, Departemen Keuangan (Depkeu) Irlandia mengungkapkan pemasok minuman berpemanis harus melakukan registrasi terlebih dulu kepada Depkeu sebelum membuat pasokan pertama kalinya.

Baca Juga:
Dukungan Mengalir, Kemenkeu Upayakan Cukai MBDK Berlaku Tahun Ini

“Pemasok minuman berpemanis juga diwajibkan untuk mengirimkan berkas pelaporan dalam kurun waktu satu bulan pasca pembukuan terhadap pasokan yang telah dibuat,” demikian pernyataan otoritas pajak Irlandia dikutip tax-news.com, Kamis (3/5).

Sementara itu, untuk minuman berpemanis diekspor secara komersial ke luar Irlandia, eksportir minuman itu harus melakukan registrasi kepada otoritas pajak sebelum kegiatan ekspor dilakukan.

Kebijakan ini akan berlaku pada minuman non-alkohol, berbahan dasar air dan berbahan dasar jus yang ditambahkan gula lebih dari 5 gram per 100 mililiter. Minuman mengandung 5-8 gram gula tambahan per liter akan dipungut pajak senilai 20%, sedangkan minuman mengandung 8 gram atau lebih per liter akan dipungut pajak sebesar 30%.

Baca Juga:
Soal Rencana Pungutan Cukai Plastik dan MBDK di 2024, Begini Kata DJBC

Di samping itu, Direktur Dewan Minuman (Beverage Council) Irlandia Colm Jordan menginformasikan tiga perempat minuman ringan yang dijual di Irlandia tidak akan dikenakan pajak. Pasalnya hingga saat ini, minuman ringan mewakili kurang dari 3% asupan kalori di Irlandia.

“Di Irlandia, 10 miliar kalori telah dihapus setiap tahun sejak 2005-2012 melalui pengurangan kandungan gula dalam minuman ringan. Upaya itu merupakan penurunan 10% kalori sepanjang 7 tahun. Kini, kalori minuman ringan di Irlandia tidak mencapai 3%,” papar Colm. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 23 Februari 2024 | 10:15 WIB KEBIJAKAN CUKAI

Dukungan Mengalir, Kemenkeu Upayakan Cukai MBDK Berlaku Tahun Ini

Rabu, 03 Januari 2024 | 16:11 WIB KEBIJAKAN CUKAI

Soal Rencana Pungutan Cukai Plastik dan MBDK di 2024, Begini Kata DJBC

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi