KABUPATEN BEKASI

Ribuan Kendaraan Parkir Tiap Hari, Setoran Cuma Rp200 Ribu

Redaksi DDTCNews | Jumat, 07 April 2017 | 17:44 WIB
Ribuan Kendaraan Parkir Tiap Hari, Setoran Cuma Rp200 Ribu

CIKARANG, DDTCNews—Meski ada ribuan kendaraan baik roda dua maupun roda empat parkir setiap hari di wilayah Kabupaten Bekasi, pendapatan parkir yang disetorkan ke Kabupaten Bekasi tercatat kurang dari Rp200 ribu.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Nurdin Muhidin menyatakan rendahnya sumbangsih retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bekasi tahun 2016 yang hanya Rp70 juta atau kurang dari Rp200 Ribu per hari itu tentu menjadi pertanyaan besar.

“Kabupaten Bekasi ini wilayahnya luas, tetapi PAD parkirnya hanya Rp70 juta pertahun, dari mana logikanya? Ini lebih rendah daripada Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang. Padahal di Kabupaten Bekasi ini dalam setahun uang yang berputar di parkir ini miliaran,” ungkapnya, Kamis (6/4).

Baca Juga:
Konsumen Resto Hingga Hotel Patuh Pajak, Ada Hadiah Umrah Menunggu

Nurdin mengatakan ada ratusan titik lokasi parkir di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Karena itu, dia meminta agar Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi lebih serius mengelola setoran pajak dan juga retribusi dari parkir ini.

Secara terpisah, Kepala Dishub Kabupaten Bekasi M. Suhup mengatakan kerja sama pengelolaan parkir dengan pihak ketiga akan dilakukan pada Mei 2017. Sebelum diterapkan, kerja sama itu akan diuji coba selama enam bulan.

Suhup menjelaskan di Kabupaten Bekasi terdapat sekitar 39 titik lokasi parkir yang akan dikelola swasta. Sistem parkir yang akan diterapkan yakni off the street dan on the street. Namun, mengenai komentar Nurdin, ia enggan menanggapi.

Baca Juga:
Optimalkan Penerimaan Pajak, PAD Jogja Diestimasi Rp1 Triliun di 2025

“Pembagian hasilnya 70:30. Kabupaten Bekasi 30% dan pihak ketiga 70%, karena yang menyiapkan sarana prasarana itu mereka semua, termasuk SDM. Kita hanya berharap jukir-jukir yang sudah ada diberdayakan,” tuturnya.

Suhup optimis kerjasama ini akan mendongkrak PAD Kabupaten Bekasi dari tahun sebelumnya di sektor retribusi parkir. Seperti dilansir dalam Pojok Jabar, Ia memperkirakan pendapatan yang akan masuk sekitar Rp1,5 miliar - Rp2 miliar pertahun. (Gfa/Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN