AMERIKA SERIKAT

Rencana Pajak Calon Presiden AS Ini Direspons Positif

Redaksi DDTCNews | Jumat, 23 Agustus 2019 | 19:35 WIB
Rencana Pajak Calon Presiden AS Ini Direspons Positif

Elizabeth Warren. 

LOS ANGELES, CALIFORNIA, DDTCNews – Calon Presiden Amerika Serikat 2020 Elizabeth Warren mendapat sorakan dukungan saat sedang berkampanye di Los Angeles. Warren memperoleh sambutan yang kuat berkat rencananya untuk memajaki kekayaan miliarder di Negeri Paman Sam.

Warren menyerukan kenaikan pajak pada penduduk yang berpenghasilan lebih dari US$50 juta (sekitar Rp710,5 milliar). Kemudian, atas pendapatan dari pajak tersebut dialokasikan untuk mendanai perawatan anak bahkan hingga tingkat perguruan tinggi.

“Saya jamin kekayaan yang anda peroleh setidaknya sebagian karena konstribusi dari karyawan yang kita bantu danai pendidikannya. Kemudian, setidaknya sebagian barang dan jasa yang Anda distribusikan, menggunakan jalan dan jembatan yang didanai pembayar pajak,” kata Warren, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga:
Gara-Gara Insentif Pajak Mobil Listrik, AS Digugat China ke WTO

Adapun kebijakan pajak yang digagas oleh Warren berupa kenaikan tarif sebesar 0,02% atas setiap dolar pendapatan yang diperoleh wajib pajak setelah melampaui US$50 juta (sekitar Rp710,5 milliar).

Warren berencana mengalokasikan dana dari pajak tersebut untuk mendanai kehidupan dari setiap anak sejak mereka dilahirkan hingga mencapai usia 18 tahun.

Secara lebih rinci, dana itu ditujukan untuk pengasuhan bayi yang baru lahir sampai berusia 5 tahun, serta pendidikan pra-sekolahnya. Dana tersebut ditujukan pula untuk menaikkan gaji setiap pengasuh anak dan guru pra-sekolah.

Baca Juga:
Agar Lapor SPT Cepat dan Mudah, IRS Uji Coba Aplikasi Pajak Terbaru

Selain itu, dana juga akan dialokasikan untuk memberi biaya kuliah gratis pada beberapa perguruan tinggi gratis dan membatalkan pinjaman siswa (student loan).

Tidak hanya terkait pajak, dalam kampanyenya, Warren menyalahkan korupsi di Washington sebagai biang kegagalan politik untuk mengatasi perubahan iklim. Oleh karenanya, dia berjanji akan melakukan aksi radikal untuk memerangi korupsi pemerintah jika dia menang.

Lebih lanjut, seperti dlansir dailymail.co.uk, Warren berjanji membuat setiap kandidat untuk mempublikasikan SPT pajak mereka secara online. Hal ini sekaligus sebagai teguran kepada Presiden Trump yang belum melakukannya. (MG-nor/kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN