RENJANI 2024

Relawan Pajak dari 9 Tax Center di Kanwil DJP Sumut I Resmi Dikukuhkan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 02 Februari 2024 | 09:40 WIB
Relawan Pajak dari 9 Tax Center di Kanwil DJP Sumut I Resmi Dikukuhkan

Berfoto bersama setelah penyerahan penyerahan secara simbolis tanda pengenal dan rompi relawan pajak kepada perwakilan mahasiswa yang hadir secara langsung di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I. 

MEDAN, DDTCNews - Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatra Utara (Sumut) I resmi mengukuhkan relawan pajak dalam program Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani) 2024.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Sumut I Arridel Mindra di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I, Kamis (1/2/2024). Relawan pajak yang dikukuhkan sebanyak 182 orang dari 9 tax center perguruan tinggi di lingkungan Kanwil DJP Sumut I.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesediaan tax center perguruan tinggi yang mendukung program Renjani 2024,” ujar Arridel, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (2/2/2024).

Program nasional dari DJP tersebut, sambungnya, melibatkan mahasiswa dari perguruan tinggi sebagai mitra otoritas dalam melayani masyarakat. Pelayanan difokuskan pada pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan, terutama pelaporan SPT Tahunan PPh orang pribadi melalui e-filing.

Dia juga berharap mahasiswa yang menjadi relawan pajak dapat menjalankan tugas secara maksimal. Program Renjani 2024 dapat menjadi arena pembelajaran dalam menghadapi dunia kerja ataupun melayani masyarakat.

Keterlibatan mahasiswa dan tax center perguruan tinggi diharapkan turut meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para wajib pajak. Arridel juga mengimbau agar pegawai DJP turut membimbing dan mengarahkan para relawan pajak agar pelaksanaan tugas berjalan baik.

Pada 2024, tugas relawan pajak bertambah seiring dengan berlakunya UU HPP. Adapun salah satu amanat dalam UU HPP terkait dengan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) orang pribadi.

Oleh karena itu, Arridel berharap para relawan pajak juga dapat membantu wajib pajak yang akan memvalidasi NIK sebagai NPWP di KPP Pratama atau KPP Madya tempat mereka bertugas. Relawan pajak juga diharapkan turut serta menyosialisasikan berbagai peraturan baru.

Adapun 9 tax center yang menjadi bagian dari Renjani 2024 antara lain USU, UMSU, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Methodist Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, UMN Al Washliyah Medan, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Politeknik Negeri Medan, dan IBBI.

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:30 WIB PERATURAN PAJAK

Tarif PPh Pasal 22 Impor Ditentukan Berdasarkan Kepemilikan API

Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pemotongan PPh 21 Lebih Bayar, Pemberi Kerja Wajib Kembalikan

Sabtu, 25 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Alur Pemotongan PPh Atas Hadiah Undian

Sabtu, 25 Mei 2024 | 10:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ada Kesalahan Bikin Bupot PPh Final Atas Hadiah Undian? Ini Solusinya

Sabtu, 25 Mei 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Pemerintah Harap Banyak Produsen Mobil Listrik Bangun Pabriknya di RI

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC: Permendag 8/2024 Pertegas Batasan Impor Barang Berupa Gawai

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:09 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Pemotongan PPh 21 Tak Dibuatkan Form 1721-A3, Tetap Diakui Hingga Mei