AMERIKA SERIKAT

Presiden Biden Ingin Pajak BBM Diliburkan Hingga Akhir September 2022

Muhamad Wildan | Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB
Presiden Biden Ingin Pajak BBM Diliburkan Hingga Akhir September 2022

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggendong seorang anak perempuan di Gereja Perjamuan Suci, Washington, Amerika Serikat, pada Selasa (21/06/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/rwa/UYU)

WASHINGTON D.C., DDTCNews - Presiden AS Joe Biden meminta restu dari Kongres AS untuk menghentikan pemungutan pajak BBM hingga akhir September 2022.

Menurut Biden, penghentian pemungutan pajak selama 90 hari ke depan merupakan langkah untuk menekan inflasi dan kenaikan harga komoditas energi.

"Dengan menangguhkan pemungutan pajak BBM sebesar 18 sen untuk 90 hari ke depan, kita dapat menurunkan harga BBM dan memberi sedikit keringanan bagi masyarakat," katanya, dikutip pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga:
Deadline Tinggal Dua Hari, Komeng Ajak WP OP Segera Lapor SPT Tahunan

Tak hanya meminta restu dari Kongres AS, Biden juga meminta pemerintah negara bagian untuk menghentikan pemungutan pajak BBM di yurisdiksinya masing-masing. Presiden juga meminta perusahaan migas untuk meningkatkan produksi.

Dengan penghentian pemungutan BBM dan peningkatan produksi, Biden mengeklaim harga BBM dapat diturunkan hingga US$1 per galon.

"Saya mengerti libur pajak BBM tak akan menyelesaikan semua masalah. Namun, sedikitnya ini akan memberikan keringanan bagi rumah tangga sembari pemerintah menyiapkan kebijakan lainnya untuk menurunkan harga," ujar Biden seperti dilansir cnn.com.

Baca Juga:
Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?

Meski demikian, usulan penangguhan pajak BBM tersebut ternyata mendapat penolakan dari anggota partai petahana. Ketua House of Representative yang merupakan anggota Partai Demokrat Nancy Pelosi menyatakan tidak akan mendukung proposal tersebut.

"Kami akan melihat di mana letak konsensus ketika proposal ini dibahas di House of Representative dan Senat," ujar Pelosi.

Tak hanya ditolak anggota Partai Demokrat, usulan libur pajak BBM juga ditolak Partai Republik dan dipandang sebagai gimmick belaka.

Baca Juga:
Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Usulan penangguhan pajak BBM juga diragukan oleh ekonom. Ekonom sekaligus mantan penasihat Presiden Barack Obama, Jason Furman menilai dampak penangguhan pajak BBM terhadap konsumen amat sangat minim.

"Apapun yang Anda pikirkan mengenai pembebasan pajak BBM adalah ide yang buruk. Penurunan harga kemungkinan akan meningkatkan permintaan sehingga mendorong harga kembali naik," tuturnya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?

Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:42 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?