KANADA

Pajak Rumah Kosong Dijajaki

Redaksi DDTCNews | Sabtu, 09 Juli 2016 | 12:01 WIB
Pajak Rumah Kosong Dijajaki

VANCOUVER, DDCTNews – Pemerintah British Columbia, Kanada, akan secara intensif menganalisis kemungkinan diberlakukannya pajak atas rumah-rumah kosong di Vancouver, guna mengatasi krisis perumahan di kota Vancouver.

Wali Kota Vancouver Gregor Robertson memberikan sebuah ultimatum kepada Pemerintah British Columbia, untuk segera mengambil langkah tegas karena semakin sulitnya memperoleh rumah di kota tersebut, ia juga memperingatkan akan terjun langsung jika tidak ada penyelesaiannya.

“Beberapa staff yang terkait dalam penetapan aturan pajak atas rumah-rumah kosong ini dalam beberapa minggu ke depan akan menghasilkan sebuah proposal detail sehingga usulan dari walikota akan segera dipertimbangkan,” ujar Menteri Keuangan Michael de Jong, baru-baru ini.

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Menurut Michael de Jong, usulan yang disampaikan oleh Wali Kota Vancouver juga perlu untuk dipertimbangkan dengan matang, karena jika aturan pajak tersebut diberlakukan, maka Vancouver akan menjadi kota satu-satunya di Kanada yang mengenakan pajak atas rumah-rumah kosong.

Pekan lalu, Robertson mengumumkan kota itu telah siap mengenalkan pajak atas rumah-rumah kosong dengan atau tanpa bantuan dari Pemerintah British Columbia. Ia juga memberi tenggat pada Pemerintah British Columbia hingga 1 Agustus untuk bekerja sama menetapkan pajak tersebut.

“Para staff akan mengeksplorasi cara-cara untuk menjamin bahwa pajak tersebut diberikan secara adil. Mereka akan menganalisis definisi dari sebuah rumah kosong, bagaimana tingkat pajak akan diatur dan bagaimana sebuah proses naik banding akan berjalan,” tutur Robertson.

Baca Juga:
Rawan Disalahgunakan Turis, Jepang Pakai Sistem Cashless Tax Refund

Pajak atas rumah-rumah kosong sudah digaungkan di Vancouver sejak 2 tahun lalu ketika kandidat wali kota yang berpeluang kecil, Meena Wong menarik perhatian publik dengan proposalnya untuk mengenakan biaya kepada beberapa orang atas hak istimewa membiarkan properti kosongnya.

Sebuah studi terbaru yang ditugaskan kota itu menemukan sekitar 10.800 rumah Vancouver ditinggalkan dan kosong selama setahun atau lebih. Tingkat hunian rumah sewa Vancouver hanya 0,6%, sedangkan ahli-ahli perumahan berkata tingkat hunian yang sehat adalah 3%-5%. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara