PEMILU 2024

Mahfud MD Mengundurkan Diri, Begini Respons Istana

Muhamad Wildan | Rabu, 31 Januari 2024 | 15:45 WIB
Mahfud MD Mengundurkan Diri, Begini Respons Istana

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD berpidato saat acara Rembug Rakyat di Desa Kutoarjo, Gedongtataan, Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024). ANTARA FOTO/Ardiansyah/rwa.

JAKARTA, DDTCNews – Istana Kepresidenan memberikan respons terkait dengan pengunduran diri Mahfud MD sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Istana Kepresidenan menghormati keinginan Mahfud untuk menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung kepada presiden.

"Keinginan itu sudah diketahui karena terpublikasi secara luas dan disampaikan Pak Mahfud sendiri. Presiden menghormati keinginan Pak Mahfud untuk menyampaikan langsung surat pengunduran diri itu," katanya dikutip dari video yang diunggah di media sosial, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga:
Soal Badan Penerimaan Negara di RKP 2025, Ini Kata Kepala Bappenas

Setelah surat pengunduran diri disampaikan, pemberhentian Mahfud dari jabatan sebagai Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (menko polhukam) akan ditetapkan dalam keppres. Pengisian posisi menko polhukam baru akan dilaksanakan setelah ada arahan dari presiden.

"Tentu ini harus betul-betul kita pastikan penyelenggaraan pemerintahan dan fungsi menko polhukam tetap berjalan seperti biasa," tutur Ari.

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan.

Baca Juga:
Gubernur BI Yakin Rupiah Bakal Kembali Menguat, Ternyata Ini Alasannya

Mahfud menuturkan surat pengunduran diri akan disampaikannya secara langsung ke Presiden Joko Widodo di Jakarta.

"Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu presiden. Saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, langsung saya sampaikan," ujarnya.

Menurut Mahfud, dirinya akan bertemu dengan Jokowi dan akan menyampaikan surat tersebut setibanya Jokowi di Jakarta pada Kamis.

Baca Juga:
Begini Penghitungan PPh Pasal 25 Jika Ajukan Perpanjangan SPT Tahunan

"Mudah-mudahan secepat kami tiba di Jakarta, secepat itu pula kami bisa bertemu," katanya.

Mahfud menjelaskan dirinya diangkat menjadi menko polhukam dengan penuh penghormatan. Oleh karena itu, Mahfud berencana untuk mengundurkan diri dengan hormat pula.

"Saya akan pamit dengan penuh penghormatan. Saya akan melaporkan bahwa saya sudah selesai," tuturnya. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar