UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Kerja Sama dengan Kanwil DJP Sumut I, USU Buka Pojok E-Filing

Redaksi DDTCNews | Rabu, 11 Maret 2020 | 17:37 WIB
Kerja Sama dengan Kanwil DJP Sumut I, USU Buka Pojok E-Filing

Pojok e-Filing di USU. (Foto: DJP)

JAKARTA, DDTCNews – Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatra Utara (Sumut) I membuka Pojok e-Filing untuk penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi.

Plt Kepala Kanwil DJP Sumut I Max Darmawan menyampaikan apresiasi atas kesediaan USU untuk memfasilitasi pembukaan Pojok e-Filing. Dia berharap Pojok e-Filing ini dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika USU untuk menyampaikan SPT PPh orang pribadi.

“Kami mengucapkan terima kasih. USU adalah mitra strategis bagi Kanwil DJP Sumut I untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya,” ujarnya dalam pembukaan Pojok e-Filing di Pusat Pelayanan Terpadu USU, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga:
Coretax DJP: Bakal Ada Billing Multi-Akun, Apa Itu?

Kehadiran Pojok e-Filing ini, sambungnya, juga menjadi bukti komitmen dari Kanwil DJP Sumut I dalam mempermudah masyarakat, khususnya sivitas akademika USU, untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dalam menyampaikan SPT PPh secara benar, lengkap, dan jelas.

Rektor USU Runtung Sitepu juga mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJP Sumut I, khususnya KPP Pratama Medan Polonia yang telah mempercayakan salah satu tempat pembukaan Pojok e-Filing 2020 berada di USU. Dia berharap seluruh civitas akademika USU dapat memanfaatkan secara maksimal Pojok e-Filing untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi terkait dengan pengisian SPT secara elektronik.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan komitmen dari Kanwil DJP Sumut I dalam mengembangkan dan mendukung keberadaan Tax Center USU yang berdiri sejak 2008,” katanya.

Baca Juga:
Coretax DJP: SPT Kurang Bayar, Apa Masih Harus Buat Kode Billing?

Pasalnya, saat ini, Tax Center USU bisa menjadi sarana dan media bagi para wajib pajak dalam berkonsultasi. Selain itu, Tax Center USU juga dapat melakukan pembinaan wajib pajak, khususnya civitas akademika USU dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Tax Center USU juga menjadi penghubung antara USU dengan Kanwil DJP Sumut I dalam melakukan pembinaaan dan pembenahan administrasi perpajakan, khususnya kewajiban perpajakan USU dalam menghitung, membayar, dan melaporkan SPT baik sebagai WP badan maupun sebagai pemungut dan pemotong pajak sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Dalam Pojok e-Filing, ada beberapa jenis pelayanan yang diberikan, seperti pengurusan E-Filing Identification Number (EFIN), bimbingan pengisian SPT PPh orang pribadi, dan penyampaian SPT PPh orang pribadi secara elektronik melalui DJP Online.

Baca Juga:
Pegawai DJP Siap-Siap! Bakal Ada Pelatihan Masif Sambut Coretax System

Kegiatan Pojok e-Filing yang dipusatkan di Pusat Pelayanan Terpadu USU ini berlangsung pada 10—12 Maret 2020 pukul 09.00-16.00 WIB.

Turut hadir pula dalam pembukaan Pojok e-Filing ini antara lain Kepala KPP Pratama Medan Polonia Hendri Z, Kabid P2Humas Kanwil DJP Sumut I Bismar Fahlerie, Wakil Rektor II USU Muhammad Fidel Ganis Siregar, Wakil Rektor V USU Luhut Sihombing, Sekretaris USU Farhat, M, para Staf Ahli Rektor, Anggota MWA USU, Kepala Biro Keuangan USU Ridwan Saleh, Kepala Biro Aset dan Perlengkapan USU Samijan, Kepala Tax Center USU Hatta Ridho, Staf Tax Center USU Indra Efendi Rangkuti, dan unsur – unsur pimpinan di USU.

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:49 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP: Bakal Ada Billing Multi-Akun, Apa Itu?

Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP: SPT Kurang Bayar, Apa Masih Harus Buat Kode Billing?

Jumat, 14 Juni 2024 | 22:07 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP, Apa Masih Bisa Lapor SPT Manual Pakai Kertas?

BERITA PILIHAN
Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:49 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP: Bakal Ada Billing Multi-Akun, Apa Itu?

Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP: SPT Kurang Bayar, Apa Masih Harus Buat Kode Billing?

Sabtu, 15 Juni 2024 | 15:27 WIB PAJAK PERTAMBAHAN NILAI

Jasa Psikolog dan Psikiater Bebas PPN

Sabtu, 15 Juni 2024 | 15:00 WIB KABUPATEN CIREBON

Pemkab Cirebon Atur Ulang Ketentuan Pajak Daerah, Ada 9 Tarif PBB

Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jualan di e-Commerce, Tiap Transaksi Perlu Terbitkan Faktur Pajak?

Sabtu, 15 Juni 2024 | 13:00 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Kemenkeu Minta Pemda Sesuaikan Rancangan APBD 2025 dengan KEM-PPKF

Sabtu, 15 Juni 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Jenis-Jenis Pungutan Pajak di Bawah Kekuasaan Daendels

Sabtu, 15 Juni 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Importir yang Peroleh Layanan Rush Handling Tetap Harus Serahkan PIB