DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE SEMINAR

Insentif Tak Terduga dari Berani Mencoba

DDTC Academy | Senin, 04 September 2023 | 17:11 WIB
Insentif Tak Terduga dari Berani Mencoba

Seminar eksklusif DDTC Academy: Insentif dari Berpikir Humor & Kreatif bagi Profesional Pajak.

SEPULUH tahun sudah band kecil ini berkiprah. Dari panggung kecil ke panggung kecil lain, band ini terus memproduksi lagu baru. Namun, apa mau dikata, belum satu pun karya mereka menjadi hit single.

Situasi ini membuat Peter Lawrence, sang gitaris, mulai jengah karena terus memainkan melodi dan instrumen yang sama. Entah ide dari mana, tiba-tiba saja ia meletakkan gitar elektriknya dan beralih ke mandolin akustik – alat yang bahkan belum pernah Peter sentuh sepanjang hidupnya.

Setelah mempelajari jenis-jenis chord mandolin yang berbeda dengan gitar, Peter pun mulai bereksperimen dengan melodi-melodi baru. Dia lalu mengajak personel lain mencoba hal baru seperti dirinya. Si bassist beralih ke keyboard, drummer pegang bass, dan vokalis – yang biasa menulis lirik bertemakan politik – mulai mencoba topik-topik baru.

Nada dan lirik yang diciptakan tanpa ekspektasi hari itu ternyata berhasil mengantarkan mereka ke jalur mainstream. Album tersebut bahkan terjual 18 juta kopi dan berhasil memenangkan 3 penghargaan Grammys.

Itulah asal mula terciptanya lagu Losing My Religion, hits dari band rock R.E.M., seperti diceritakan ulang oleh Ozan Varol dalam Awaken Your Genius (2023).

Baca juga: Praktisi Pajak, Harusnya Jadi Spesialis atau Generalis?

Praktisi Pajak Harus Berani Bereksplorasi

CERITA para personel R.E.M. tadi adalah bentuk dari berpikir kreatif, tepatnya berani mengeksplorasi hal-hal di luar zona nyaman. Tujuannya agar bisa menghasilkan sesuatu yang baru. Menariknya, praktik kreativitas seperti ini tidak hanya berlaku bagi seniman. Para praktisi di bidang yang 'serius' pun bisa melakukannya!

Perjalanan Founder DDTC Darussalam dan Danny Septriadi hanyalah segelintir contohnya. Dalam menjalankan profesinya di bidang pajak, keduanya ternyata juga mengaplikasikan esensi eksplorasi ala seniman, yakni dengan mencari hal-hal di luar zona nyamannya dalam keilmuan, pengalaman, serta referensi.

Keduanya sama-sama mempelajari akuntansi pada jenjang sarjana (Darussalam dari Universitas Sebelas Maret dan Danny dari Universitas Tarumanegara) serta pajak pada program magister kebijakan pajak dan ilmu administrasi dari Universitas Indonesia. Setelah itu, Darussalam dan Danny memperluas keilmuannya dengan melanjutkan studi ke 2 kampus yang berbeda di luar negeri untuk mendalami pajak internasional.

Darussalam memperoleh master's degree di European Tax and International Tax Law dari gabungan European Tax College Katholieke Universiteit Leuven, Belgia, dan Tilburg University, Belanda. Sementara itu, Danny memastikan master’s degree-nya dalam International Taxation di Vienna University of Economics and Business, Austria.

Dari segi pengalaman sebagai profesional, perpaduan lintas bidang pun terjadi. Kalau karier Darussalam dimulai dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Danny berangkat dari konsultan dan praktisi pajak di perusahaan swasta multinasional. Hal inilah yang membuat DDTC memahami medan perpajakan dari sudut pandang pemerintah maupun wajib pajak.

Keduanya lalu menyatukan insight yang didapat dari studi dan pengalaman profesional lewat buku pertamanya berjudul Membatasi Kekuasaan Untuk Mengenakan Pajak: Tinjauan Akademis Terhadap Kebijakan, Hukum dan Administrasi Pajak di Indonesia (2006).

Seperti judulnya, perspektif yang diambil Darussalam dan Danny juga merupakan hasil eksplorasi dari 3 bidang di luar pajak: kebijakan (policy), hukum, serta administrasi. Perspektif dari buku pertama itu masih Darussalam dan Danny pakai pada lebih dari 20 buku perpajakan yang telah mereka tulis hingga hari ini.

Terakhir, DDTC juga menyilangkan beragam referensi dalam berpraktik. Di DDTC Library – perpustakaan khusus pajak yang mereka kelola – ada lebih dari 40 kategori buku, mulai dari Commercial and Tax Accounting, Taxes on Income and Wealth, Value Added Tax (VAT), Taxation and Technology, Comparative Transfer Pricing, Taxation of Natural Resources and Environment, dan sebagainya.

Hal yang lebih 'ekstrem', sejak 2018, Darussalam mempersilakan DDTC Library diisi pula dengan buku-buku kajian humor koleksi Danny. Jadilah gabungan dari perpustakaan pajak dengan koleksi 4.000-an buku dan perpustakaan humor The Library of Humor Studies dengan koleksi 2.000 lebih buku.

Para praktisi pajak DDTC maupun kalangan umum jadi bisa bereksplorasi dalam satu tempat sekaligus: belajar pajak sekalian humor!

Seorang pengunjung di The Library of Humor Studies. Sebelum pandemi, IHIK3 kerap menyelenggarakan diskusi tentang pentingnya humor.

Baca juga: Ingin Berhumor dengan Stakeholder Pajak? Ini 3 Tips Utamanya

Tak berhenti di sana, secara pribadi, Danny lantas memutuskan untuk mengikuti beragam course soal humor dan sertifikasi Certified Humor Professional (CHP) dari Association for Applied and Therapeutic Humor (AATH) – bidang yang bisa dibilang tidak berkaitan sama sekali dengan pajak. Dalam praktiknya, dia benar-benar merasa terbantu, terutama dalam berkomunikasi dengan petugas pajak maupun kliennya untuk meminimalkan sengketa.

“Praktisi pajak di Indonesia perlu lebih kreatif dengan mempelajari hal-hal yang ada di luar pengetahuan dan pengalamannya di luar pajak. Sebab dari situ, kita akan mendapatkan perspektif dan solusi yang berbeda atas situasi perpajakan saat ini,” ujar Danny.

Berkolaborasi dengan satu-satunya lembaga kajian humor di Indonesia, yakni Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3), DDTC Academy bakal mengajak Anda para profesional di bidang pajak untuk membangkitkan sekaligus mengasah keberanian berkreasi melalui pendekatan humor. Acara ini sendiri bertajuk Insentif dari Berpikir Humor & Kreatif bagi Profesional Pajak.

Tidak hanya berbagi insight soal kreativitas dan pemanfaatannya di bidang pajak, Anda berkesempatan untuk melakukan latihan-latihan humor sederhana berdasarkan referensi terbaik dari The Library of Humor Studies yang berisi lebih dari 2.000 buku, majalah, dan DVD soal humor.

Seminar ini akan diadakan pada Sabtu, 7 Oktober 2023, pukul 09.30-12.00 WIB di DDTC Hall 7th Floor, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Silakan daftarkan diri Anda segera melalui tautan https://academy.ddtc.co.id/seminar. Kuota seminar ini memang sengaja dibatasi demi pengalaman latihan dan interaksi yang lebih nyaman.

Mari berangkat mencari 'titik-titik baru' pada bidang lain untuk memperkaya kepakaran Anda di bidang pajak! 

Membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi Hotline DDTC Academy (+62)812-8393-5151 / [email protected] (Vira) atau melalui media sosial DDTC Academy  Instagram (@ddtcacademy), Facebook (DDTC Academy), Twitter (@ddtcacademy), Telegram Channel (DDTCAcademy), dan LinkedIn Group (DDTC Academy). (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 16:55 WIB DDTC ACADEMY - ADIT EXAM PREPARATION COURSE

Siapkah Anda Mendapatkan Sertifikasi Pajak Global? Ikuti Persiapannya!

Jumat, 22 Maret 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Kanwil DJP Jakarta Khusus Adakan Seminar Pajak untuk Atlet e-Sport

Kamis, 07 Maret 2024 | 17:07 WIB DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE WEBINAR

Webinar SP2DK: Kunci Memitigasi Risiko & Kepatuhan Pajak yang Efektif

Rabu, 06 Maret 2024 | 17:15 WIB UNIVERSITAS INDONESIA

FEB UI dan DDTC Jalin Kerja Sama Pendidikan Pajak

BERITA PILIHAN
Rabu, 01 Mei 2024 | 15:45 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Peringati Hardiknas, SMAN 8 Yogyakarta Gelar Webinar Gratis!

Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Kriteria-Perbedaan Barang Kiriman Hasil Perdagangan dan Nonperdagangan

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:33 WIB KURS PAJAK 01 MEI 2024 - 07 MEI 2024

Berjalan Sebulan Lebih, Kurs Pajak Berlanjut Melemah terhadap Dolar AS