PEMILU 2024

Di Rapat Paripurna, Ketua DPR Singgung Pentingnya Pemilu Berkualitas

Dian Kurniati | Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:30 WIB
Di Rapat Paripurna, Ketua DPR Singgung Pentingnya Pemilu Berkualitas

Ketau DPR Puan Maharani.

JAKARTA, DDTCNews - Ketua DPR Puan Maharani menyebut pemilu berkualitas sangat diperlukan dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat.

Puan mengatakan Indonesia juga membutuhkan partai politik dan peserta pemilu yang makin maju dan mengedepankan kepentingan rakyat. Selain itu, dia juga menegaskan pentingnya peserta pemilu memegang komitmennya untuk menjaga dan kawal ideologi bangsa.

"Kualitas pemilu akan menentukan kualitas demokrasi dan selanjutnya akan menentukan kualitas pelaksanaan kedaulatan rakyat dan mengurus negara dan bangsa," katanya dalam rapat paripurna DPR, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga:
Jokowi Mulai Mengenalkan Prabowo Subianto di Forum Internasional

Puan mengatakan saat ini tahapan pemilu 2024 telah dan sedang berlangsung. Dalam negara demokrasi, lanjutnya, kekuasaan selalu harus dibatasi sehingga konstitusi telah memberi jaminan untuk menyempurnakan demokrasi melalui pelaksanaan pemilu secara periodik.

Dia menjelaskan pemilu menjadi alat dalam sempurnakan penyelenggaraan demokrasi. Melalui pemilu, rakyat akan dapat menilai, mengevaluasi, memperbarui, maupun tidak melanjutkan mandat kepada presiden, DPR, dan DPD.

Di tengah suasana pemilu, Puan menegaskan DPR akan tetap menjalankan perannya sebagai lembaga legislatif. Dalam hal ini, DPR bersama pemerintah akan melanjutkan pembahasan 9 RUU yang sedang tahap pembahasan tingkat 1.

Baca Juga:
Revisi UU, Ketentuan Batas Maksimal Jumlah Kementerian Bakal Dihapus

Menurutnya, DPR bersama pemerintah juga akan tetap fokus untuk menghasilkan peraturan perundang-undangan yang berkualitas.

"Penyelesaian pembahasan undang-undang tidak boleh terganggu dengan agenda pemilu yg sudah makin dekat," ujarnya. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 20 Mei 2024 | 14:35 WIB WORLD WATER FORUM 2024

Jokowi Mulai Mengenalkan Prabowo Subianto di Forum Internasional

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:00 WIB REVISI UNDANG-UNDANG

Revisi UU, Ketentuan Batas Maksimal Jumlah Kementerian Bakal Dihapus

Rabu, 15 Mei 2024 | 10:30 WIB ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA

DPR: Pemerintah yang Baru Perlu Diberi Keleluasaan Susun APBN 2025

BERITA PILIHAN