PRESIDENSI G-20 INDONESIA

Danai Proyek Penurunan Emisi, Pemerintah Segera Bentuk Platform ETM

Dian Kurniati | Kamis, 14 Juli 2022 | 14:00 WIB
Danai Proyek Penurunan Emisi, Pemerintah Segera Bentuk Platform ETM

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia akan memiliki Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform sebagai bagian dari upaya penurunan emisi karbon.

Sri Mulyani mengatakan ETM Country Platform akan menjadi solusi pendanaan terhadap proyek transisi energi di Indonesia. Pemerintah pun memanfaatkan momentum pertemuan G-20 untuk mengundang semua pihak bergabung dalam platform tersebut.

"Ini yang kami sebut blended finance, blended commitment, dan blended determination untuk membentuk platform yang dapat membiayai transisi secara berkelanjutan, adil, dan terjangkau," katanya dalam acara Sustainable Finance for Climate Transition Roundtable, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga:
Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Sri Mulyani mengatakan ETM Country Platform menjadi langkah ambisius pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur energi yang lebih bersih. Melalui strategi ini, Indonesia dapat segera mencapai target net zero emission (NZE).

Dia menjelaskan inisiatif ETM secara global telah diluncurkan pada Conference of Party (COP) 26 di Glasgow, tahun lalu. Platform tersebut akan menjadi kerangka kerja penyediaan pembiayaan yang diperlukan untuk mempercepat transisi energi dengan memobilisasi sumber pendanaan komersial maupun non-komersial secara berkelanjutan.

Di Indonesia, pemenuhan kebutuhan energi masih didominasi oleh pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara. Pemerintah pun harus segera memulai langkah untuk menonaktifkan PLTU batu bara tersebut melalui langkah-langkah transisi.

Baca Juga:
Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Sri Mulyani menyebut ETM Country Platform akan menjadi wadah pembiayaan yang mengkombinasikan beberapa sumber pendanaan/pembiayaan dalam satu proyek. Pemerintah pun mengundang semua pihak termasuk organisasi internasional seperti World Bank dan Asian Development Bank; Lembaga Pengelola Investasi; Global Blended Finance Alliance; Glasgow Financial Alliance for Nett Zero; sektor swasta; dan filantropi untuk bergabung dalam platform tersebut.

Menurutnya, ETM Country Platform akan menjadi wadah kolaborasi karena penurunan emisi karbon menjadi tanggung jawab bersama.

"Ini merupakan tantangan teknis yang sangat menantang tetapi juga menjadi tantangan finansial untuk kita semua," ujarnya. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD

Sabtu, 27 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

RKP 2025 Disusun Meski RPJPN Belum Diundangkan, Ini Alasan Bappenas

Sabtu, 27 April 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Meski Lewat Tenggat Waktu, DJP Minta WP OP Tetap Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024