KOSTA RIKA

Bersaing Jadi Destinasi Pembuatan Film, Insentif Pajak Disiapkan

Nora Galuh Candra Asmarani | Kamis, 19 November 2020 | 18:00 WIB
Bersaing Jadi Destinasi Pembuatan Film, Insentif Pajak Disiapkan

Ilustrasi. (DDTCNews)

SAN JOSE, DDTCNews – Rumah produksi film internasional yang memilih Kosta Rika sebagai tempat proyeknya bakal mendapatkan manfaat pajak atau tax benefit dan insentif lainnya dari Pemerintah Kosta Rika.

Anggota DPR Carlos Ricardo Benavides mengusulkan rencana tersebut melalui rancangan undang-undang (RUU) 22.034. Inisiatif tersebut bertujuan untuk menjadikan Kosta Rika sebagai destinasi pembuatan film.

“Proyek internasional ini akan memungkinkan Kosta Rika bersaing dengan negara-negara lain di dunia yang setiap tahun menarik perusahaan produksi dan jaringan yang membuat film dan serial streaming,” tuturnya, dikutip Kamis (19/11/2020)

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

Benavides menambahkan kebijakan tersebut memungkinkan penciptaan lapangan kerja, peningkatan rantai produksi lokal, dan sumber pendapatan baru bagi negara. Selain itu, kemunculan Kosta Rika dalam sebuah film sekaligus dapat menjadi ajang promosi pariwisata.

“Tujuan kami selagi mereka berada di negara ini, mereka akan meningkatkan rantai produksi lokal, mempekerjakan sumber daya terampil di Kosta Rika dan meningkatkan konsumsi layanan wisata seperti hotel, persewaan kendaraan, dan restoran,” katanya.

Benavides menerangkan usulan kebijakan itu menawarkan delapan manfaat. Pertama, pembebasan total dari pajak penghasilan. Kedua, pengembalian seluruh pajak yang menjadi bagian dari impor permanen atas barang untuk pembuatan film ke wilayah Kosta Rika.

Baca Juga:
World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Ketiga, pembebasan seluruh pajak, retribusi, tarif, atau kontribusi atas impor sementara yang dibebankan pada peralatan, suku cadang, pakaian, tata rias, dekorasi, dan material teknis yang diperlukan untuk proyek.

Keempat, pihak yang ditugasi memasukkan bahan, peralatan, atau pakaian proyek, bagasinya akan difasilitasi sehingga tidak perlu membayar pajak atau biaya lainnya. Kelima, pengembalian PPN 100% atas pembelian barang dan jasa lebih dari US$500.000,00.

Keenam, pembebasan dari pajak penghasilan atau pajak lainnya atas keuntungan dari orang pribadi yang tidak berdomisili di Kosta Rika. Ketujuh, pemerintah kota dapat mengizinkan pembebasan biaya dan royalti kepada perorangan atau badan hukum yang termasuk penerima fasilitas ini.

Baca Juga:
Uni Emirat Arab Godok Insentif Pajak untuk Kegiatan Litbang

Kedelapan, pemerintah daerah dapat memberikan fasilitas dalam pemberian izin atau otorisasi yang diperlukan untuk pengembangan kegiatan pembuatan film. Selain itu, fasilitas terkait dengan migrasi untuk orang asing juga akan ditetapkan.

Seperti dilansir thecostaricanews.com, cakupan proyek yang mendapatkan fasilitas berlaku untuk film pendek dan panjang, dokumenter, serial, dan novel, reality show, special events, audiovisual marketing pieces, video clip, program, dan/atau bagian dari hal sejenis, layanan pascaproduksi serta gambar dan animasi digital. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 14:30 WIB THAILAND

Thailand Siapkan RUU untuk Adopsi Pajak Minimum Global

Senin, 22 April 2024 | 12:30 WIB UNI EMIRAT ARAB

Uni Emirat Arab Godok Insentif Pajak untuk Kegiatan Litbang

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak