AMERIKA SERIKAT

Perusahaan Pindah Pabrik ke Luar AS, Trump Bakal Kenai Bea Masuk 200%

Muhamad Wildan
Senin, 30 September 2024 | 11.30 WIB
Perusahaan Pindah Pabrik ke Luar AS, Trump Bakal Kenai Bea Masuk 200%

Donald Trump. (foto: Antara)

WASHINGTON D.C., DDTCNews - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump berencana mengenakan bea masuk sebesar 200% terhadap pelaku manufaktur yang memindahkan kegiatan produksinya ke luar AS.

Salah satu perusahaan yang masuk dalam target Trump adalah John Deere. Alasannya, perusahaan yang bergerak di bidang peralatan pertanian tersebut berencana memindahkan kegiatan produksinya dari AS ke Meksiko.

"Saya baru saja memberitahu John Deere: Jika Anda memindahkan produksi ke Meksiko, kami akan mengenakan bea masuk 200% atas semua barang yang ingin Anda jual ke AS," katanya, dikutip pada Senin (30/9/2024).

Trump menuturkan keputusan John Deere memindahkan kegiatan produksi ke Meksiko merugikan petani lokal dan sektor manufaktur AS secara umum. Akibat keputusan tersebut, John Deere telah melakukan PHK atas ratusan pekerjanya di Iowa dan Illinois.

Sebaliknya, Trump berjanji akan memberikan fasilitas penurunan tarif PPh badan dari 21% menjadi tinggal 15% bagi perusahaan-perusahaan yang memindahkan kegiatan produksinya dari luar negeri ke AS.

"Jika Anda memindahkan kegiatan produksi ke luar negeri atau menggantikan pekerja AS, Anda tidak berhak mendapatkan semua manfaat ini," tuturnya.

Sementara itu, John Deere menyatakan berkomitmen untuk mendukung ketahanan sektor manufaktur AS. Lebih dari 75% dari total produk John Deere dirakit di pabrik yang berlokasi di AS. Menurut John Deere, produk-produk berteknologi tinggi seperti traktor tetap diproduksi di AS.

"Dampak John Deere terhadap ekonomi lokal mencapai US$27 miliar. Perusahaan kami memiliki pekerja terampil berkat program pelatihan yang kami laksanakan," sebut John Deere.

Pemindahan proses produksi ke Meksiko dilakukan guna menekan biaya dan hanya diterapkan untuk produk-produk berteknologi rendah.

"Fasilitas kami di Meksiko telah menjadi bagian penting dari operasi global John Deere selama 70 tahun terakhir," jelas John Deere dalam keterangan resminya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.