VIETNAM

Pengusaha Vietnam Ramai-Ramai Tolak Kenaikan Pajak Minuman Beralkohol

Dian Kurniati
Senin, 29 Juli 2024 | 16.00 WIB
Pengusaha Vietnam Ramai-Ramai Tolak Kenaikan Pajak Minuman Beralkohol

Ilustrasi.

HANOI, DDTCNews - Berbagai asosiasi pengusaha di Vietnam menolak rencana pemerintah untuk menaikkan tarif pajak konsumsi khusus atas pembelian minuman beralkohol (minol).

Kepala Bidang Hukum Kadin Vietnam Dau Anh Tuan mengatakan kenaikan pajak konsumsi khusus akan menurunkan daya beli. Menurutnya, kondisi ini dapat memicu industri minol atau yang terkait terguncang bisnisnya.

"Dampak dari RUU Pajak Konsumsi Khusus akan langsung dirasakan sehingga pelaku bisnis dan asosiasi berharap pemerintah mengubahnya," katanya, dikutip pada Senin (29/7/2024).

Tuan menuturkan kenaikan tarif pajak tambahan untuk minol melalui RUU Pajak Konsumsi Khusus (special consumption tax/SCT) akan memicu kemunduran industri di Vietnam. Dia pun berharap pemerintah mengkaji ulang rencana tersebut demi menjaga keberlangsungan industri.

Pemerintah Vietnam melalui RUU SCT berencana menaikkan tarif pajak konsumsi khusus pada minol secara bertahap. Tarif pajak konsumsi khusus pada minol dengan kadar alkohol di atas 40% diusulkan naik menjadi 80% mulai 2026, serta mencapai 100% pada 2030.

Untuk minol dengan kadar alkohol di bawah 40% diusulkan dikenakan tarif pajak konsumsi sebesar 50% mulai 2026, serta meningkat menjadi 70% pada 2030.

Sementara itu, Sekjen Asosiasi Bir dan Minuman Beralkohol Vietnam Chu Thi Van Anh menyebut kenaikan tarif pajak konsumsi khusus dalam RUU SCT akan menjadi yang tertinggi dalam sejarah Vietnam.

"Kami khawatir kenaikan tarif pajak akan menyebabkan konsumen beralih pada produk ilegal sehingga tidak sejalan lagi dengan tujuan pajak untuk melindungi kesehatan konsumen," ujarnya seperti dilansir vir.com.vn. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.