FILIPINA

Otoritas Pajak Ini Berbagi Data dengan Komisi Sekuritas dan Bursa

Dian Kurniati
Kamis, 18 Juli 2024 | 11.30 WIB
Otoritas Pajak Ini Berbagi Data dengan Komisi Sekuritas dan Bursa

MANILA, DDTCNews - Otoritas pajak Filipina (Bureau of Internal Revenue/BIR) menandatangani perjanjian kerja sama pertukaran data dengan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC).

Komisaris BIR Romeo Lumagui Jr. mengatakan penandatanganan kerja sama tersebut memungkinkan otoritas mengakses sistem berbagi data yang telah dibangun SEC. Menurutnya, kerja sama ini akan membuat pengumpulan pajak dari sektor keuangan lebih efisien.

"Ini akan sangat membantu kami dalam verifikasi informasi perusahaan. Verifikasi online-nya secara real-time," katanya, dikutip pada Kamis (18/7/2024).

Lumagui menuturkan BIR akan menjadi lembaga pertama yang mengakses Protokol Swift Corporate and Other Records Exchange (SCORE). Protokol SCORE merupakan portal untuk berbagi basis data elektronik yang berisi catatan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi birokrasi.

Akses ke portal ini akan membantu BIR menyelaraskan catatan perusahaan yang terdaftar sehingga meningkatkan efisiensi pengumpulan pajak. Dokumen perusahaan yang dapat diakses secara real-time oleh BIR antara lain anggaran dasar, lembar informasi umum, dan laporan keuangan tahunan.

Lumagui menilai semua informasi ini akan membantu pegawai pajak memberikan pelayanan terbaik kepada wajib pajak di pasar keuangan sekaligus mengawasinya.

SEC pun akan memasukkan lebih banyak regulator keuangan dan lembaga pemerintah ke dalam portal SCORE yang membutuhkan catatannya. Menurut Ketua SEC Emilio Aquino, Filipina menjadi salah satu negara yang berupaya mendigitalisasi semua proses bisnis pada pasar modal.

"Menteri keuangan telah mendorong kami untuk memperluas inovasi digital melalui kolaborasi dengan otoritas pajak guna menciptakan pengumpulan pajak yang lebih efisien," ujarnya seperti dilansir pna.gov.ph. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.