DDTC ACADEMY - PRACTICAL COURSE

Bagaimana Cara Tepat Pemotongan PPh Pasal 21 Atas Natura?

DDTC Academy | Rabu, 13 September 2023 | 09:39 WIB
Bagaimana Cara Tepat Pemotongan PPh Pasal 21 Atas Natura?

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atas imbalan berupa natura dan/atau kenikmatan yang diterima oleh karyawan dilakukan sesuai dengan jenis penghasilan yang bersangkutan.

Misalnya, jika natura dan kenikmatan tersebut diberikan sebagai bagian dari gaji, PPh Pasal 21 atas natura dan kenikmatan tersebut akan dipotong layaknya gaji. Jika natura dan kenikmatan diberikan sebagai bonus,  pemotongan PPh Pasal 21 akan dilakukan sesuai dengan aturan bonus.

Dalam sebuah penyuluhan yang disampaikan oleh Ditjen Pajak (DJP), bonus dalam bentuk natura dapat dipersamakan dengan bonus dalam bentuk uang, sehingga tidak ada perbedaan. Namun, perlakuan PPh Pasal 21 akan bergantung pada jenis penghasilannya, apakah penghasilan tersebut termasuk dalam penghasilan teratur atau penghasilan tidak teratur.

Oleh karena itu, pemotongan PPh Pasal 21 pada kompensasi berupa barang atau kenikmatan perlu dilakukan sesuai dengan pedoman yang telah diatur dalam Peraturan Dirjen Pajak No. PER-16/PJ/2016.

Pemberi kerja perlu memperhitungkan pengecualian dan batasan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 66/2023 terlebih dahulu sebelum memotong PPh Pasal 21 atas natura dan kenikmatan yang diberikan kepada pegawai.

Natura dan kenikmatan yang dikecualikan dari objek pajak telah tercantum dalam Pasal 4 PMK 66/2023 antara lain makanan dan minuman untuk seluruh pegawai, natura dan kenikmatan di daerah tertentu, natura dan kenikmatan yang harus disediakan untuk pelaksanaan kerja, natura dan kenikmatan yang bersumber dari APBN/APBD/APBDes, serta natura dan kenikmatan dengan jenis dan batasan tertentu. Perincian mengenai natura dan kenikmatan dengan jenis dan batasan tertentu telah diperinci dalam Lampiran PMK 66/2023.

Untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan praktis mengenai pengenaan pajak penghasilan atas natura dan/atau kenikmatan, DDTC Academy akan mengadakan practical course dengan judul Strategi Penerapan Natura dan/atau Kenikmatan (PMK 66/2023) serta Penyusutan Harta Berwujud dan/atau Amortisasi Harta Tidak Berwujud (PMK 72/2023)Pelatihan ini akan diselenggarakan di Menara DDTC, Jakarta pada Sabtu, 23 September 2023 pukul 09.30 WIB – 15.30 WIB.

Setiap peserta akan mendapatkan 2 buku, yaitu DDTC Indonesian Tax Manual 2023 dan English for Tax Professionals.

Peserta Practical Course terbatas hanya untuk 30 orang pendaftar! Seluruh peserta akan mendapatkan modul cetak, sertifikat, pembahasan studi kasus serta tanya jawab interaktif bersama pengajar. Segera daftarkan diri Anda dan praktik secara langsung.

Segera daftarkan diri Anda di link berikut:

https://academy.ddtc.co.id/practical_course

Membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi Hotline DDTC Academy (+62)812-8393-5151 / [email protected] (Vira) atau melalui media sosial DDTC Academy  Instagram (@ddtcacademy)Facebook (DDTC Academy)Twitter (@ddtcacademy)Telegram Channel (DDTCAcademy), dan LinkedIn Group (DDTC Academy). (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:00 WIB KABUPATEN BONDOWOSO

Pemkab Tetapkan Tarif PBB Bervariasi Tergantung Jenis Objek dan NJOP

Jumat, 10 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kondisi Apa yang Bikin Status PKP Dicabut secara Jabatan oleh DJP?

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Batasan Nilai Transaksi yang Dipotong PPN oleh BUMN dan Pemerintah

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?

Jumat, 10 Mei 2024 | 11:30 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Peraturan Baru Menteri Keuangan Soal Rush Handling, Download di Sini!

Jumat, 10 Mei 2024 | 10:00 WIB PROVINSI SULAWESI SELATAN

Sudah Berlaku! Simak Daftar Tarif Terkini Pajak di Sulawesi Selatan