AMERIKA SERIKAT

Wah, Ongkos Lobi Raksasa Digital Naik Signifikan, Ada Apa?

Redaksi DDTCNews | Senin, 10 Juni 2019 | 17:08 WIB
Wah, Ongkos Lobi Raksasa Digital Naik Signifikan, Ada Apa?

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews – Perusahaan teknologi kini menjadi pemain terbesar dalam lobi politik di Amerika Serikat. Google menjadi korporasi dengan alokasi dana terbesar untuk urusan lobi politik di Negeri Paman Sam.

Hal tersebut berdasarkan data yang dipublikasi oleh The Center for Responsive Politics baru-baru ini. Gelontoran dana dari raksasa teknologi tersebut melampaui pemain tradisional seperti Boeing atau perusahaan telekomunikasi AT&T.

“Google menghabiskan US$21,7 juta untuk melobi pada 2018. Angka ini naik 38% dari dua tahun sebelumnya,” tulis hasil riset The Center for Responsive Politics, seperti dikutip pada Senin (10/6/2019).

Baca Juga:
AS Berkomitmen Dukung Pembangunan Infrastruktur Berkualitas di IKN

Mulai ketatnya pengaturan dan pengawasan pemerintah atas bisnis di ranah digital menjadi salah satu alasan dana lobi perusahaan teknologi seperti Google naik drastis. Perusahaan teknologi mempunyai kepentingan kuat bila regulasi sudah masuk ke ranah persaingan usaha, privasi, dan hak konsumen.

Praktik bisnis digital yang hendak diatur pemerintah ini, menurut laporan tersebut, akan memengaruhi keberlangsungan usaha di masa depan. Oleh karena itu, tidak heran belasan hingga puluhan juta dolar dialokasikan untuk sebagai dana lobi.

“Pengeluaran perusahaan teknologi untuk lobi meningkat secara stabil dalam 10 tahun terakhir. Google hanya butuh US$4 juta untuk proses lobi pada 2009,” jelas mereka.

Baca Juga:
Ditentang AS, Negara Ini Kukuh Implementasikan Pajak Digital

Google tidak sendirian dalam meningkatkan belanja lobinua. Hal serupa juga dilakukan oleh perusahaan teknologi lainnya seperti Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft dalam mengamankan kepentingan di terkait kebijakan atau undang-undang.

Amazon menghabiskan US$14,4 juta untuk kegiatan lobi pada tahun lalu. Nilai tersebut tercatat tidak jauh berbeda dengan alokasi dana Facebook yang sebesar US$12,6 juta atau naik 45% dari alokasi perusahaan pada 2016.

Selanjutnya, Microsoft menggelontorkan dana senilai US$9,6 juta dan Apple senilai US$6,68 juta pada 2018. Agenda utama korporasi tersebut relatif sama yakni mengamankan kepentingan di parlemen terkait isu kompetisi hingga privasi pengguna.

Baca Juga:
Indonesia Dorong AS Otorisasi Pembaharuan Fasilitas GSP

Laporan tersebut juga menekankan masih lemahnya penegakan hukum di Amerika Serikat terhadap perusahaan teknologi seperti yang dilakukan Uni Eropa. Hal ini kemudian yang membuat lobi politik masih menjadi senjata utama untuk memengaruhi kebijakan di AS.

“AS berada jauh di belakang Eropa soal penegakan hukum. Pada Maret 2019, Google dijatuhi denda US$1,7 miliar dari Komisi Uni Eropa karena menghambat persaingan usaha melalui iklan online,” tandas mereka, seperti dikutip dari cnbc.com. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 10:00 WIB SENGKETA PAJAK

Gara-Gara Insentif Pajak Mobil Listrik, AS Digugat China ke WTO

Minggu, 17 Maret 2024 | 12:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Agar Lapor SPT Cepat dan Mudah, IRS Uji Coba Aplikasi Pajak Terbaru

Kamis, 14 Maret 2024 | 15:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Presiden AS Kembali Usulkan Kenaikan Tarif PPh Badan Jadi 28 Persen

Selasa, 12 Maret 2024 | 16:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Biden Usulkan Orang-Orang Kaya di AS Dikenai Pajak Minimum 25 Persen

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi