PENGADILAN PAJAK

Tips dan Strategi Menghadapi Persidangan Dari Para Pengacara Terkemuka

Redaksi DDTCNews | Kamis, 17 Desember 2020 | 17:36 WIB
Tips dan Strategi Menghadapi Persidangan Dari Para Pengacara Terkemuka

UNTUK menjadi seorang pengacara yang sukses, pengetahuan yang luas akan peraturan perundang-undangan yang berlaku bukanlah satu-satunya yang harus disiapkan sebelum menghadapi persidangan, baik di pengadilan umum maupun pengadilan pajak.

Kemampuan seseorang dalam menguasai soft skill tertentu seperti bertutur kata, menganalisis, serta berargumen secara terstruktur ternyata krusial. Sayangnya, kemampuan itu kerap kali dinomorduakan beberapa ahli hukum sebelum menghadapi persidangan.

Buku berjudul Turning Points at Trial: Great Lawyers Share Secrets, Strategies and Skills yang ditulis Shane Read ini membahas segala hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi persidangan dalam berbagai pengadilan, termasuk pengadilan pajak.

Baca Juga:
Patuhi MK, Kemenkeu Bersiap Alihkan Pembinaan Pengadilan Pajak ke MA

Pembahasan dalam buku yang diterbitkan pada 2016 ini dibagi dalam tujuh bagian antara lain opening statement, pemeriksaan langsung, pemeriksaan silang, pemeriksaan silang dari saksi ahli, argumentasi penutup, deposisi, dan argumentasi lisan naik banding.

Menariknya, tiap bagian menyajikan insight dari berbagai pengacara yang telah teruji kemampuannya dalam praktik persidangan. Penyajian insight ini juga disertai dengan analisis transkrip pengadilan yang diambil saat mereka melakukan persidangan.

Salah satu insight pengacara yang dimuat dalam buku ini dikemukakan oleh Mark Lanier. Lanier tercatat sebagai salah satu pengacara yang telah mencetak rekor dengan meraih Jury Awards yang membuatnya mendapat pengakuan pada tingkat nasional.

Baca Juga:
World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Lanier membagikan strategi dan rahasianya dalam menyusun opening statement yang baik dan memukau. Shane Read—yang juga merupakan pengacara ulung—menganalisis transkrip pengadilan dari salah satu persidangan Lanier yang paling terkenal secara ekstensif.

Penulis mengajak pembaca untuk mempelajari building blocks dalam menyusun opening statement dan menerapkan teknik yang telah dicontohkan oleh Lanier pada persidangan nantinya. Penulis juga memuat daftar yang merangkum tips-tips dari Lanier dalam bersidang.

Lebih lanjut, penulis juga menyajikan insight lainnya dari pengacara terkemuka lain yaitu Alan Dershowitz yang menjelaskan bagaimana melakukan pemeriksaan silang atau cross-examination dengan baik.

Baca Juga:
Perpajakan DDTC Tawarkan Literatur Pajak Berbahasa Inggris ​

Dershowitz tercatat sebagai salah satu pengacara terbaik di Amerika Serikat yang sering menangani persidangan pada tingkat banding. Beberapa kasus yang pernah ditanganinya pun melibatkan figur-figur terkenal seperti Presiden Bill Clinton, Mike Tyson, dan Julian Assange.

Selain itu, terdapat pula Lisa Blatt, wanita yang paling banyak bersidang di hadapan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Dalam buku ini, Blatt membagi tipsnya dalam menyusun argumen lisan yang terstruktur dengan baik untuk persidangan.

Singkatnya, penulis melalui buku yang diterbitkan oleh Westway Publishing ini bermaksud untuk memberi pemahaman yang mendalam bagi pembaca mengenai semua yang hal perlu dipersiapkan saat akan bersidang.

Baca Juga:
Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Keagenan Kapal

Kasus-kasus yang dibahas juga beragam, mulai dari malapraktik medis hingga kasus dakwaan yang memuat ancaman hukuman mati. Kasus skandal pelecehan seksual Gereja Katolik Roma dan serangan brutal antar supporter olahraga juga dimuat dalam buku ini.

Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi para praktisi hukum, tetapi juga para praktisi maupun akademisi di bidang lainnya yang ingin menambah wawasan ataupun mengembangkan kemampuan soft skill mereka.

Selain itu, masyarakat luas pun dapat menikmati buku ini karena disajikan secara sistematis, menarik, dan mudah dipahami. Tertarik membaca buku ini? Anda dapat mengaksesnya di DDTC Library. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 16:45 WIB PENGADILAN PAJAK

Patuhi MK, Kemenkeu Bersiap Alihkan Pembinaan Pengadilan Pajak ke MA

Rabu, 24 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS CUKAI

Ketentuan Kewajiban Menyelenggarakan Pembukuan di Bidang Cukai

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 13:00 WIB INFOGRAFIS BEA CUKAI

Kriteria Penghapusbukuan Piutang di Bidang Kepabeanan dan Cukai

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara