TARGET PERTUMBUHAN

Sri Mulyani Patok Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di Kuartal II

Redaksi DDTCNews
Selasa, 26 Juni 2018 | 10.45 WIB
Sri Mulyani Patok Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di Kuartal II

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 lebih baik dari periode sebelumnya. Meski dihantui ketidakpastian ekonomi global, faktor domestik masih jadi motor utama pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi kalau dilihat dari komponen agregat demand, kita harap konsumsi  meningkat karena momentum lebih tinggi karena ada puasa, lebaran dan hari libur," katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (25/6).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengemukakan bahwa pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan berada di atas 5% pada kuartal II ini. Dengan kata lain, naik 0,05% jika dibandingkan dengan konsumsi kuartal-I yang sebesar 4,95%.

"Kami harap pertumbuhan ekonomi mendekati 5,2%," jelasnya.

Selain itu, sektor investasi juga diprediksi dapat tumbuh positif. Pasalnya, momentum pertumbuhan sudah terjadi sejak kuartal I.

"Investasi kalau dilihat dari sisi momentum, impor bahan baku dan barang modal, kami harap akan lebih tinggi dari kuartal I. Kami harap di atas 8%," tandas Sri Mulyani.

Tidak lupa sektor ekspor manjadi perhatian pemerintah. Meski angkanya terus naik, namun belum mengimbangi jumlah impor yang dalam periode April dan Mei selalu lebih tinggi dari ekspor nasional.

"Ekspor akan kita coba terus tingkatkan hingga di atas 12%, sehingga memberikan dampak positif pada perekonomian di kuartal II-2018," tutupnya. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.