INVESTASI EKONOMI

Sri Mulyani Optimis Pilkada Tak Ganggu Reformasi Ekonomi RI

Redaksi DDTCNews | Rabu, 10 Januari 2018 | 17:24 WIB
Sri Mulyani Optimis Pilkada Tak Ganggu Reformasi Ekonomi RI

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah menyatakan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan bergulir di beberapa daerah tidak akan memperlambat momentum reformasi ekonomi pada tahun 2018. Pasalnya, pemerintah tengah mendorong laju investasi di Indonesia guna meningkatkan perekonomian nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan menyelesaikan berbagai permasalahan yang menghambat laju investasi pada ribuan proyek. Menurutnya konsentrasi pemerintah dalam menjalankan reformasi itu tidak akan terganggu dengan bergulirnya Pilkada.

“Kami baru saja menggelar rapat untuk menyelesaikan masalah yang menghambat 1.053 proyek investasi. Reformasi kami juga untuk membenahi berbagai permasalahan investasi dan perdagangan, sehingga konsentrasi dalam menjalankan berbagai program reformasi ambisius ini tidak akan terganggu,” ujarnya di Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (10/1).

Baca Juga:
Posisi Utang Pemerintah Capai Rp8.262,1 Triliun pada Akhir Maret 2024

Sebelumnya, Sri Mulyani juga mengakui pemerintah akan mempertimbangkan segala aspek dalam mengumpulkan penerimaan negara, sehingga instrumen APBN menjadi suatu pendorong ekonomi nasional dan bukan sebagai penghalang perekonomian.

Dia pun akan terus melakukan berbagai pembenahan fasilitas fiskal Indonesia dalam rangka menjaga momentum investasi. Maka, pemerintah sangat berharap pertumbuhan ekonomi nasional dan pertumbuhan investasi bisa lebih tinggi dibanding tahun 2017.

“Inilah yang menjadi fokus kami, dalam rangka menjaga momentum perbaikan investasi dan ekspor yang tetap terjaga pada tahun 2018. Kami juga siap untuk menggunakan seluruh instrumen melalui kebijakan fiskal,” paparnya.

Baca Juga:
Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Pemerintah merasa optimis kondisi perekonomian nasional akan terus bergerak menuju capaian yang lebih baik pada tahun 2018, melalui berbagai upaya optimalisasi kebijakan fiskal yang akan semakin mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, pemerintah melihat investasi serta ekspor yang semakin menguat pada kuartal keempat tahun 2017 seiring dengan konsumsi rumah tangga. Peningkatan itu diharapkan akan terus terjaga dan berkelanjutan pada tahun 2018. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 30 April 2024 | 09:00 WIB KINERJA FISKAL

Posisi Utang Pemerintah Capai Rp8.262,1 Triliun pada Akhir Maret 2024

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

BERITA PILIHAN