AMERIKA SERIKAT

Senjata Api dan Amunisi Diusulkan Kena Pajak

Redaksi DDTCNews | Minggu, 25 Agustus 2019 | 15:44 WIB
Senjata Api dan Amunisi Diusulkan Kena Pajak

TACOMA, WASHINGTON, DDTCNews—Seorang anggota dewan Tacoma, Negara Bagian Washington, AS, Ryan Mello mengusulkan pengenaan pajak lokal atas senjata api dan amunisi. Ia muak dengan kekerasan menggunakan senjata api.

Dalam 30 hari terakhir terjadi 3 kasus pembunuhan menggunakan senjata api di Kota Tacoma. “Saya tahu sebagian besar pemilik senjata api adalah individu yang bertanggung jawab. Namun, kami butuh penerimaan untuk program pencegahan kekerasan,” kata Mello, Kamis (22/8/2019).

Lebih lanjut Mello menjelaskan usulan pajak atas senjata dan amunisi itu akan serupa dengan aturan yang disahkan di Seattle. Dengan demikian, akan ada pajak senilai US$25 setara dengan Rp355.325 untuk semua pembelian senjata api.

Baca Juga:
AS Berkomitmen Dukung Pembangunan Infrastruktur Berkualitas di IKN

Selanjutnya, tiap pembelian paket amunisi berkaliber 22 dan dibawahnya akan dikenakan pajak senilai US$0,02 atau setara dengan Rp284,26. Kemudian, untuk amunisi yang dijual eceran akan dikenakan pajak senilai US$0,05 atau setara dengan Rp710,65.

Sedikit berbeda dengan kebijakan di Seattle, Mello berencana akan mengenakan tarif pajak yang lebih tinggi untuk amunisi berkecepatan tinggi, atau amunisi gaya militer seperti ‘hollow point bullets’. Hal ini berarti akan ada tiga golongan tarif pajak yang dikenakan pada amunisi.

Dalam usulan rencananya, Mello juga memberikan opsi pengecualian yang diberikan kepada pengusaha yang menjual tidak lebih dari satu senjata api atau lima puluh butir amunisi per kuartal. Pengecualian tersebut juga akan berlaku untuk keperluan penegakan hukum.

Baca Juga:
Ditentang AS, Negara Ini Kukuh Implementasikan Pajak Digital

Adapun atas seluruh pendapatan yang diperoleh dari pajak tersebut akan dialokasikan untuk memberi edukasi kepada anak-anak tentang kekerasan senjata. Edukasi itu akan disampaikan melalui berbagai organisasi yang ada di Tacoma.

Namun, usulan Mello mendapat tentangan dari penjual senjata api. Pajak tersebut dianggap akan membuat bisnis toko senjata api keluar dari Tacoma. Pengenaan pajak untuk menangani masalah kekerasan senjata api juga dianggap sebagai cara yang tidak tepat.

“Itu benar-benar akan membuat saya keluar dari bisnis. Padahal ini mata pencaharian saya. Harusnya alih-alih mengenakan pajak senjata, kita perlu mengatasi masalah kesehatan mental di Pierce County,” kata Dan Davies, pemilik Mary's Pistols, seperti dilansir q13fox.com. (MG-nor/Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 09:05 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Soal Badan Otorita Penerimaan Negara, Kadin Minta Pemerintah Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Jumat, 26 April 2024 | 06:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Diskon Pajak Pasal 31E UU PPh Bisa Digunakan Tanpa Ajukan Permohonan

Kamis, 25 April 2024 | 19:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pegawai Diimbau Cek Kebenaran Pemotongan PPh 21 oleh Pemberi Kerja

Kamis, 25 April 2024 | 18:54 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Level SAK yang Dipakai Koperasi Simpan Pinjam Tidak Boleh Turun

Kamis, 25 April 2024 | 18:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Ajukan e-SKTD untuk Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional

Kamis, 25 April 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tagihan Listrik dan Air dalam Sewa Ruangan Kena PPN, Begini Aturannya

Kamis, 25 April 2024 | 17:45 WIB DITJEN PERIMBANGAN KEUANGAN

Imbauan DJPK Soal Transfer ke Daerah pada Gubernur, Sekda, hingga OPD

Kamis, 25 April 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Pemerintah Siapkan Tarif Royalti 0% untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara