KENYA

Pemerintah Bakal Bebaskan PPN Atas Helikopter dan Suku Cadang Pesawat

Dian Kurniati | Rabu, 21 Juni 2023 | 13:00 WIB
Pemerintah Bakal Bebaskan PPN Atas Helikopter dan Suku Cadang Pesawat

NAIROBI, DDTCNews - Pemerintah Kenya berencana membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) atas helikopter dan suku cadang pesawat terbang.

Menteri Keuangan Njuguna Ndung'u mengatakan pembebasan PPN atas helikopter, suku cadang pesawat, serta simulator pesawat diperlukan untuk meningkatkan investasi di sektor aviasi. Usulan ini disampaikan saat dia membacakan APBN 2023/2024 di parlemen.

"Biaya pemeliharaan pesawat dan kegiatan pelatihan penerbangan tergolong tinggi sehingga maskapai penerbangan untuk lebih memilih melakukan kegiatannya di yurisdiksi lain," katanya, dikutip pada Rabu (21/6/2023).

Baca Juga:
Catat! Layanan Tempat dan Peralatan Golf Kena PPN, Bukan Pajak Hiburan

Ndung'u mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan daya saing investasi Kenya di berbagai sektor, termasuk penerbangan. Peningkatan investasi ini akan memacu pertumbuhan ekonomi sejalan dengan Agenda Transformasi Ekonomi yang diusung Kenya Kwanza.

Dia menjelaskan saat ini helikopter, pesawat terbang, dan pesawat terbang berukuran kecil dikenakan PPN sebesar 16%. PPN juga dikenakan atas simulator pesawat yang biasa digunakan untuk pelatihan para pilot.

Kemudian, beberapa suku cadang memang dibebaskan dari PPN, tetapi fasilitas fiskal ini hanya berlaku untuk impor yang dilakukan operator pesawat atau orang yang bergerak di bidang usaha perawatan pesawat berdasarkan rekomendasi otoritas berwenang.

Baca Juga:
Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Menurutnya, pengenaan pajak yang tinggi telah menyebabkan investor memilih menanamkan modalnya di yurisdiksi lain. Dengan memberikan pembebasan PPN, investasi di bidang penerbangan akan meningkat serta lebih banyak pilot dapat melakukan program pelatihan di dalam negeri.

"Untuk memudahkan proses pembebasan PPN pada suku cadang pesawat dan mendorong investasi di bidang ini, saya mengusulkan kepada Majelis Nasional untuk menghapus PPN pada semua simulator pesawat dan suku cadang pesawatnya," ujarnya dilansir citizen.digital.

Tidak hanya helikopter dan suku cadang pesawat terbang, pembebasan PPN juga diusulkan untuk ekspor jasa dan produk andalan ekspor seperti teh. Pembebasan PPN dinilai akan meningkatkan daya saing Kenya di pasar global.

Selain itu, pemerintah pun ingin menghapus PPN atas elpiji agar harganya lebih terjangkau bagi masyarakat sekaligus mempromosikan penggunaan sumber energi bersih. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Minggu, 28 April 2024 | 08:00 WIB KEBIJAKAN CUKAI

Kadin Minta Pemerintah Jangan Buru-Buru Tambah Objek Cukai

Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System