LITERASI PAJAK

Lanskap Pajak Berkembang, DDTC Rilis Buku Transfer Pricing Terupdate

Dian Kurniati | Selasa, 28 Februari 2023 | 13:41 WIB
Lanskap Pajak Berkembang, DDTC Rilis Buku Transfer Pricing Terupdate

Tax Expert, CEO Office DDTC Atika Ritmelina Marhani.

JAKARTA, DDTCNews - DDTC resmi meluncurkan buku Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional (Edisi Kedua: Volume II).

Tax Expert, CEO Office DDTC Atika Ritmelina Marhani mengatakan buku ini menjadi pembaruan dan pengembangan dari buku pertama yang terbit pada 2013. Pembaruan dan pengembangan buku diperlukan untuk mengikuti dinamika lanskap pajak internasional, transfer pricing, dan perubahan ketentuan pajak domestik.

"Kami merasa sudah waktunya buku transfer pricing ini kami perbarui selang 1 dekade berjalan," katanya dalam Talk Show & Launching 3 Publikasi DDTC - Lebih Dekat dengan Pajak Lewat Buku, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga:
DDTC Terbitkan Buku Konsep Dasar Pajak, Anggota PERTAPSI Bisa Dapat

Atika mengatakan buku pertama transfer pricing DDTC yang terbit pada 2013 mencakup 29 bab. Buku ini menjadi fondasi yang kuat dalam membahas transfer pricing. Sejalan dengan segala perkembangan lanskap pajak internasional, transfer pricing, dan aturan domestik di Indonesia, buku tersebut kemudian diperbarui.

Buku edisi kedua volume I lantas hadir pada 2022 yang memuat 16 bab pertama dari total 29 bab yang ada di buku edisi pertama. Adapun untuk buku edisi kedua volume II yang terbit hari ini, berisi 14 bab lanjutan dengan pembaruan-pembaruan yang ada.

Apabila buku pertama membahas mengenai fundamental transfer pricing, pada buku kedua lebih banyak mengulas topik-topik spesifik seperti transaksi khusus, litigasi transfer pricing, dispute resolution, model operasi transfer pricing, dan perkembangan terkini isu transfer pricing.

Baca Juga:
Bakal Teken Kerja Sama, DDTC dan FEB UNS Bedah Buku Konsep Dasar Pajak

Atika memandang ada banyak perkembangan mengenai ketentuan perpajakan internasional dan transfer pricing yang terjadi dalam 1 dekade. Saat buku transfer pricing DDTC edisi I terbit, masih menggunakan OECD Guidelines terbitan 2010 dengan pembahasan yang masih minim.

Kini, sudah ada pembaruan OECD Guidelines 2022 yang salah satunya membahas secara detail transaksi keuangan intra-grup. Selain itu, pemerintah juga menerbitkan beberapa ketentuan yang menyangkut transfer pricing seperti PP 55/2022.

"Tugas kami adalah menarasikan kembali yang kami baca. Apalagi untuk membaca OECD Guidelines memang cukup sulit," ujarnya.

Baca Juga:
DDTC Terbitkan Buku Baru Konsep Dasar Pajak

Atika menyebut buku terbaru DDTC tentang transfer pricing ini memuat bahasan yang baru hadir dalam OECD Guidelines 2022, seperti transaksi keuangan intra-grup. Buku ini juga memuat sejumlah studi kasus transfer pricing sehingga lebih aplikatif dengan praktik di lapangan.

Transfer pricing masih menjadi salah satu sengketa yang cukup besar, baik di Indonesia maupun internasional. Sengketa tersebut dapat dicegah apabila sudah disiapkan transfer pricing policy dengan baik sejak awal.

Atika menambahkan buku Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional (Edisi Kedua: Volume II) telah melewati tahapan yang panjang. Pada prosesnya, dia menuangkan ilmu yang diperoleh saat menempuh pendidikan dari Vienna University of Economics and Business, Austria. Selain itu, buku tersebut juga diperkaya dengan referensi dari lebih dari 100 buku dan jurnal.

Baca Juga:
Diskon Tarif Pasal 31E UU PPh Tak Ada Batas Waktu Asal Penuhi Kriteria

"Kami diberikan kepercayaan dan bekal yang sangat banyak oleh Pak Darussalam untuk kemudian menyampaikannya dalam buku kami," ujarnya.

Selain Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional (Edisi Kedua: Volume II), DDTC pada hari ini juga menerbitkan 2 buku lainnya yakni Lembaga Peradilan Pajak di Indonesia: Persoalan, Tantangan, dan Tinjauan di Beberapa Negara dan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda: Panduan, Interpretasi, dan Aplikasi (Edisi Kedua).

Jika ingin memiliki salah satu atau ketiga buku baru tersebut, Anda dapat melakukan pemesanan melalui tautan https://bit.ly/PesanBukuDDTC. Dengan mendaftarkan diri pada tautan tersebut, Anda juga akan mendapatkan informasi-informasi eksklusif mengenai buku baru DDTC. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 10 Mei 2024 | 07:00 WIB BUKU PAJAK

DDTC Terbitkan Buku Baru Konsep Dasar Pajak

Senin, 29 April 2024 | 08:45 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Diskon Tarif Pasal 31E UU PPh Tak Ada Batas Waktu Asal Penuhi Kriteria

BERITA PILIHAN
Jumat, 17 Mei 2024 | 09:52 WIB ADMINISTRASI PAJAK

DJP Tunjuk 6 PMSE Jadi Pemungut PPN, Mulai dari Amazon Hingga Evernote

Jumat, 17 Mei 2024 | 09:45 WIB DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE WEBINAR

Trik Adaptasi Mental bagi Praktisi Pajak di Situasi VUCA

Jumat, 17 Mei 2024 | 09:37 WIB KEPUTUSAN KETUA MA NOMOR 112/KMA/SK.OT1/IV/2024

Lengkap, Ini Susunan Pokja Penyatuan Atap Pengadilan Pajak di MA

Jumat, 17 Mei 2024 | 07:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Bangun Coretax, DJP Harap Sistem Pajak Indonesia Setara Negara Maju

Kamis, 16 Mei 2024 | 18:00 WIB PERDAGANGAN BERJANGKA

Bappebti Rilis Rating Pialang Berjangka Periode Januari-Maret 2024