KPP PRATAMA DENPASAR BARAT

Kunjungi Alamat WP, Kantor Pajak Minta Klarifikasi Soal SP2DK

Redaksi DDTCNews
Kamis, 29 Juni 2023 | 11.30 WIB
Kunjungi Alamat WP, Kantor Pajak Minta Klarifikasi Soal SP2DK

Ilustrasi.

DENPASAR, DDTCNews - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Barat mengadakan kunjungan kerja ke tempat kedudukan wajib pajak bernama PT Bali Internasional Teknologi di Dauh Puri Kelod, Denpasar pada 6 Juli 2023.

Account Representative (AR) KPP Pratama Denpasar Barat Dharma Wibawa mengatakan kunjungan dilakukan guna mengklarifikasi Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) yang telah diterima wajib pajak badan, sekaligus mengenali proses bisnis wajib pajak.

“Kegiatan ini dilakukan dengan metode wawancara langsung yang kemudian dilanjutkan dengan menuangkannya dalam catatan,” katanya seperti dikutip dari situs web Ditjen Pajak (DJP), Kamis (29/6/2023).

Sebelum memasuki inti kunjungan, lanjut Dharma, AR mendapat penjelasan tentang pakta integritas. Setelah itu, wajib pajak menandatangani pakta integritas itu. Selama proses kunjungan, wajib pajak bersedia menjawab seluruh pertanyaan dari AR.

Wajib Pajak Tidak Menyetujui Sebagian Poin SP2DK 

Dia menambahkan wajib pajak juga mendapat penjelasan mengenai SP2DK. Menurutnya, wajib pajak menyetujui sebagian isi SP2DK.

Atas poin SP2DK yang disetujui, wajib pakjak berkomitmen akan melakukan pembayaran dan pembetulan. Untuk poin SP2DK yang belum disetujui, wajib pajak berjanji akan memberikan bukti pendukung.

Sebelum mengakhiri pertemuan dengan wajib pajak, Dharma meminta dukungan wajib pajak bahwa KPP Pratama Denpasar Barat pada tahun ini sedang dalam upaya meraih predikat unit kerja Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-05/PJ/2022, SP2DK adalah surat yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) kepada wajib pajak dalam rangka pelaksanaan Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (P2DK). (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.