UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Kanwil DJP Sumut I dan USU Lanjutkan Kerja Sama Perpajakan

Redaksi DDTCNews | Senin, 26 April 2021 | 19:13 WIB
Kanwil DJP Sumut I dan USU Lanjutkan Kerja Sama Perpajakan

Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pengembangan tax center dan kerja sama perpajakan. (foto: USU)

MEDAN, DDTCNews – Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumut I dan Universitas Sumatera Utara (USU) melanjutkan kerja sama perpajakan.

Hari ini, Senin (26/4/2021), Kanwil DJP Sumut I dan USU menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pengembangan tax center dan kerja sama perpajakan. MoU ini merupakan kelanjutan dari MoU yang diteken pada 11 Agustus 2017 dan telah berakhir masa berlakunya.

Penandatanganan dilakukan Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi dan Rektor USU Muryanto Amin. Eddi berharap Tax Center USU dapat melanjutkan perannya menjadi mitra strategis Kanwil DJP Sumut I dalam bidang edukasi, sosialisasi, dan riset perpajakan.

Baca Juga:
USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

Eddi juga berharap Tax Center USU dapat berperan dalam pembinaan perpajakan sektor UMKM yang merupakan wajib pajak potensial. Pembinaan tidak hanya menyangkut sektor perpajakan saja tetapi juga manajemen pengelolaan UMKM.

“Sehingga UMKM bisa menjadi sebuah lembaga ekonomi yang profesional dan memiliki manajemen yang tertata rapi,” katanya, dikutip dari keterangan tertulis.

Kanwil DJP Sumut I juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi Tax Center USU untuk merumuskan program kerja dan kegiatan kerja sama sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU. Dengan demikian, peran Tax Center USU di tengah masyarakat dapat segera dirasakan.

Baca Juga:
DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Rektor USU Muryanto Amin berterima kasih atas kesediaan Kanwil DJP Sumut I melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin selama 13 tahun. Dia mengharapkan bimbingan dan arahan dari Kanwil DJP Sumut I untuk pengembangan dan pemberdayaan Tax Center USU.

“Sehingga mampu lebih meningkatkan kinerjanya sebagai mitra strategis Kanwil DJP Sumut I,” ujarnya.

USU juga siap berkerja sama untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menunaikan hak dan kewajibannya dalam bidang perpajakan, termasuk pengembangan UMKM dengan melibatkan pusat pembinaan UMKM USU yang selama ini rutin melakukan pembinaan.

Baca Juga:
Mau Tanya Soal Pelaporan SPT? Klinik Pajak UI Buka Layanan Konsultasi

Dengan adanya kerja sama ini, USU dan Kanwil DJP Sumut I diharapkan akan lebih mampu bersinergi dalam pengembangan konsep Kampus Merdeka serta peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang perpajakan.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Bismar Fahlerie, Kepala KPP Pratama Medan Polonia Hendri Z, serta Kepala Sie Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Josualam Sinaga.

Kemudian, Wakil Rektor III USU Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, Staf Ahli Rektor USU Siti Salmiah, Ketua Program D3 Administrasi Perpajakan Fisip USU Rasudyn Ginting, serta Sekretaris Program D3 Administrasi Perpajakan Fisip USU Kariono.

Selanjutnya, Kepala Biro BP2KM dan Kerjasama USU Surya Darma, Staf Tax Center USU Indra Efendi Rangkuti, Staf Pengajar Program D3 Administrasi Perpajakan Fisip USU Faisal Eriza dan Hari Mahardika Sembiring, serta Staf Program D3 Administrasi Perpajakan Fisip USU Firman Logos Tarigan. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 31 Maret 2024 | 08:30 WIB KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Dapat Motor Dinas dari Pemda, Kepala Dusun Diminta Ikut Tarik PBB

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:15 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak

Rabu, 27 Maret 2024 | 17:30 WIB KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Hingga 25 Maret, DJP Jakarta Khusus Kumpulkan Pajak Rp 53 Triliun

Jumat, 22 Maret 2024 | 21:32 WIB UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

USU dan KPP Pratama Medan Polonia Gelar Pojok e-Filing

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M