SKANDAL PAJAK SELEBRITI

Ini Daftar Artis Hollywood yang Terlilit Kasus Pajak

Redaksi DDTCNews | Jumat, 29 Desember 2017 | 17:11 WIB
Ini Daftar Artis Hollywood yang Terlilit Kasus Pajak

MENJADI tenar dan bergelimang harta adalah salah satu ciri bagi mereka yang sukses dalam karirnya. Kurang lebih itulah yang tercitra di layar televisi ketika melihat cerita kesuksesan seseorang entah itu aktor film Hollywood atau penyanyi tingkat dunia.

Tapi, seperti syair lagu Taxman yang ditulis grup musik legendaris The Beatles, semua itu bisa lenyap karena pajak. Dalam lagu yang dirilis tahun 1966 itu ada sebait syair yaitu Be thankful I don't take it all. Cos I'm the taxman. Interpetasi lepas dari syair itu kurang lebih ‘bersyukurlah tidak ku ambil semua hartamu!’.

Dan benar saja, sejumput syair lagu tadi benar-benar terjadi pada pesohor dunia yang kita kenal secara umum bergelimang harta. Namun, dalam beberapa saat semua itu bisa berbalik 360 derajat. Dari gaya hidup jetset sampai semua berubah terjun bebas hingga harus menjual aset untuk membayar tagihan pajak.

Baca Juga:
Zaskia Gotik Ingatkan WP Segera Urus SPT Tahunan dan Validasi NIK-NPWP

Seperti yang dilansir efile.com dalam beberapa kasus mereka nyaris bangkrut karena tunggakan pajak yang menggunung. Berikut kami sajikan daftarnya:

1. Stephen Baldwin


Baca Juga:
Ingatkan WP Lapor SPT Tahunan, Sandra Dewi: Taat Pajak Itu Penting

Bintang film dan sejumlah acara realitas di AS ini ditangkap pada bulan Desember 2012. Dia dituduh gagal membayar tagihan pajak penghasilan di negara bagian New York sebesar 350 ribu dolar AS. Tidak berhenti disitu, ia juga dilaporkan tidak melakukan pelaporan pajak tahunan dari 2008 hingga 2010. Ia mengaku bersalah karena lalai melaporkan dokumen pajak tahunan dan membayar denda 100 ribu dolar AS dan untuk menghindari hukuman kurungan penjara ia merogoh koceknya lebih dalam lagi dengan membayar 100 ribu dolar AS pada bulan April 2014.

2. Lindsay Lohan


Baca Juga:
Aktris asal Medan Ini Ajak Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan via e-Filing

IRS alias Ditjen Pajaknya Amerika menyita rekening bank aktris Hollywood, Lindsay Lohan. Pasalnya, aktris yang membintangi film Mean Girls ini punya hutang pajak pada tahun 2010 dan 2011. Sampai-sampai rekan sesama artis Hollywood, Charlie Sheen harus membantu membayar tagihan pajaknya sebesar 100 ribu dolar AS. Akhirnya pada tahun 2012, IRS mencabut sanksi penyitaan rekening. Namun, Lindsay tetap harus bekerja keras pasalnya ia masih punya sisa tunggakan pajak yang menurut manajernya masih ada tunggakan pajak ratusan ribu dolar lagi.

3. Nicolas Cage


Baca Juga:
Lapor SPT Tahunan Lebih Awal, Chika Jessica: Bikin Nyaman

Pemeran utama film National Treasure ini dituduh IRS gagal membayar pajak sebesar 6,2 juta dolar AS atas penghasilannya pada tahun 2007 yang mencapai 24 juta dolar AS. Dia berkilah bahwa akuntannya melakukan kesalahan dalam perhitungan keuangan. Alhasil dia harus menjual beberapa rumahnya untuk melunasi tunggakan pajak.

4. Wesley Snipes


Baca Juga:
Youtuber Frost Diamond Ajak WP Lapor SPT Tahunan Lewat e-Filing

Bintang film trilogi vampir Blade ini tersandung masalah saat enggan membayar pajak karena mengklaim bukan warga negara AS meski lahir di Florida. IRS menolak klaim tersebut dan mengirimnya ke penjara selama 3 tahun. Dia berhasil lepas dari jerat jeruji besi namun tetap harus membayar tunggakan pajak sebesar 17 juta dolar AS.

5. Lionel Richie


Sosok multitalenta macam Lionel Richie pun pernah tersandung masalah pajak. Peraih Grammy Awards untuk album Can`t Slow Down (1983) ini disodori tagihan pajak sebesar 1,1 juta dolar AS oleh IRS. Tagihan itu merupakan pajak penghasilan pada tahun 2010 yang belum dibayar ayah aktris Hollywood Nicole Richie tersebut. Tahun 2014, pelantun lagu All Night Longini membayar tagihan pajak tersebut. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara