PMK 155/2019

Dua Dokumen Ini Kini Wajib Dimiliki Pengusaha Gudang Berikat

Nora Galuh Candra Asmarani | Jumat, 15 November 2019 | 09:53 WIB
Dua Dokumen Ini Kini Wajib Dimiliki Pengusaha Gudang Berikat

JAKARTA, DDTCNews – Perusahaan yang ingin menjadi penyelenggara maupun pengusaha gudang berikat kini wajib memiliki nomor induk berusaha dan hasil konfirmasi status wajib pajak.

Kewajiban baru itu tertuang dalam Bab III Pendirian Gudang Berikat, Pasal 10 dan 11 Peraturan Menteri Keuangan No. 155/2019 tentang Gudang Berikat.

“Perusahaan yang bermaksud menjadi penyelenggara atau pengusaha gudang berikat harus..memiliki nomor induk berusaha dan hasil konfirmasi status wajib pajak sesuai dengan aplikasi yang menunjukkan valid,” demikian bunyi kutipan dari pasal 10 dan 11 beleid tersebut.

Baca Juga:
Implementasi NPWP 16 Digit, DJBC Lakukan Penyesuaian pada 39 Aplikasi

Sementara itu, untuk persyaratan lain tidak berubah, seperti memiliki izin usaha, dan bukti kepemilikan gudang, serta telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak (PKP). Namun, khusus untuk pengusaha di gudang berikat yang merangkap penyelenggara (PDGB) harus mendapat rekomendasi dari penyelenggara gudang berikat.

Lebih lanjut, untuk mendapatkan izin penyelenggara, pengusaha maupun PDGB harus mengajukan permohonan kepada menteri melalui Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) atau Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU). Hal ini berbeda dengan peraturan sebelumnya yang mengharuskan permohonan diajukan kepada Direktur Jenderal melalui Kepala Kantor Pabean.

Permohonan tersebut dapat diajukan setelah atau sebelum fisik bangunan berdiri termasuk ruangan dan sarana kerja bagi petugas Bea dan Cukai. Namun, bagi pengusaha yang belum memenuhi persyaratan fisik, izin diberikan dengan catatan wajib memenuhi persyaratan dalam batas waktu yang ditetapkan.

Baca Juga:
Layanan Ekspor-Impor Tetap Buka Saat Libur dan Cuti Bersama Lebaran

Adapun meski syarat pengajuan izin bertambah, pemerintah menyederhanakan prosedur permohonan serta memangkas waktu keputusan atas permohonan yang diajukan. Hal ini lantaran permohonan izin pengusaha atau penyelenggara gudang berikat kini dapat disampaikan melalui sistem Indonesia Single Window.

Kemudian atas permohonan yang diajukan sistem komputer pelayanan (SKP) akan memberikan respons kepada Kepala KPU atau Kepala Kantor Pabean untuk melakukan pemeriksaan dokumen dan lokasi serta menerbitkan berita acara pemeriksaan lokasi.

Rangkaian pemeriksaan tersebut dilakukan dalam waktu paling lambat 3 hari kerja sejak tanggal kesiapan pemeriksaan lokasi sesuai dengan permohonan yang diajukan. Jangka waktu tersebut jauh lebih singkat dibandingkan dengan aturan sebelumnya yang memakan waktu 15 hari.

Baca Juga:
Menurun, Tingkat Kemenangan DJBC di Pengadilan Pajak 56,77% pada 2023

Selanjutnya, pemohon harus melakukan pemaparan proses bisnis kepada Kepala Kanwil atau Kepala KPU. Pemaparan tersebut harus dilakukan oleh wakil anggota direksi perusahaan, pada hari kerja berikutnya atau maksimal 3 hari kerja setelah tanggal penerbitan berita acara pemeriksaan lokasi.

Kemudian, maksimal 1 jam setelah pemaparan dilakukan Kepala Kanwil atau Kepala KPU harus menerbitkan persetujuan atau penolakan. Hal ini berbeda dengan aturan terdahulu yang tidak mewajibkan pemaparan proses bisnis. Akan tetapi, hasil keputusan dan penolakan baru diterbitkan 10 hari sejak permohonan diterima.

Lebih lanjut, guna mendukung kemudahan berusaha serta peningkatan pelayanan dan pengawasan Kepala Kanwil atau KPU dapat menambahkan perlakuan tertentu. Perlakuan itu seperti kemudahan pemasukan atau pengeluaran barang curah dan toleransi atas penyusutan atau penguapan, sesuai dengan proses bisnis perusahaan.

Baca Juga:
Pelayanan Bravo Bea Cukai Buka Sampai Pukul 15.30 WIB selama Ramadan

Adapun seluruh ketentuan dalam beleid baru ini akan berlaku 5 Desember 2019. Oleh karena itu, bagi gudang berikat yang perizinannya diterbitkan sebelum peraturan Menteri ini berlaku harus memenuhi persyaratan baru paling lambat akhir tahun ini.

“Terhadap izin gudang berikat yang diterbitkan sebelum berlakunya Peraturan Menteri ini, dan belum memenuhi ketentuan mengenai persyaratan pendirian gudang berikat, diberikan batas waktu paling lambat tanggal 31 Desember 2019,” demikian bunyi pasal 50 beleid tersebut. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 13 April 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PERPAJAKAN

Implementasi NPWP 16 Digit, DJBC Lakukan Penyesuaian pada 39 Aplikasi

Minggu, 07 April 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Layanan Ekspor-Impor Tetap Buka Saat Libur dan Cuti Bersama Lebaran

Jumat, 22 Maret 2024 | 11:30 WIB DITJEN BEA DAN CUKAI

Menurun, Tingkat Kemenangan DJBC di Pengadilan Pajak 56,77% pada 2023

Senin, 18 Maret 2024 | 09:30 WIB LAYANAN BEA DAN CUKAI

Pelayanan Bravo Bea Cukai Buka Sampai Pukul 15.30 WIB selama Ramadan

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel ke APBN

Jumat, 19 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penghitungan PPh 21 atas Upah Borongan di atas Rp 2,5 Juta per Hari

Jumat, 19 April 2024 | 10:45 WIB RENCANA KERJA PEMERINTAH 2025

Longgarkan Ruang Fiskal, Defisit APBN 2025 Dirancang 2,45-2,8 Persen

Jumat, 19 April 2024 | 10:30 WIB PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Pemprov Kaltim Atur Ulang Ketentuan Pajak Daerah, Ini Perinciannya

Jumat, 19 April 2024 | 10:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Jelang Deadline, DJP Ingatkan WP Segera Sampaikan SPT Tahunan Badan

Jumat, 19 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pembentukan Badan Otorita Penerimaan Negara Masuk Draf RKP 2025

Jumat, 19 April 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Ada Kebijakan DHE, Airlangga Klaim Nilai Tukar Rupiah Masih Terkendali

Jumat, 19 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Begini Imbauan Ditjen Pajak soal Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan

Jumat, 19 April 2024 | 07:30 WIB LITERATUR PAJAK

Sambut Hari Kartini, DDTC Hadirkan Diskon untuk Perempuan Indonesia