PENGAWASAN KEPABEANAN DAN CUKAI

DJBC Ungkap Penyelundupan Narkoba, Disembunyikan di Sepatu hingga Buku

Redaksi DDTCNews | Kamis, 14 Maret 2024 | 16:00 WIB
DJBC Ungkap Penyelundupan Narkoba, Disembunyikan di Sepatu hingga Buku

Konferensi pers pengungkapan jaringan narkotika internasional beserta barang bukti dan media penyimpanannya. (foto: DJBC)

JAKARTA, DDTCNews - Petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta menggagalkan upaya penyelundupan narkoba dengan berbagai modus penyembunyian pada barang kiriman. Paket narkoba tersebut disembunyikan dalam patung, sepatu, buku, dan bungkus rokok yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo mengatakan upaya penyelundupan tersebut melibatkan jaringan sindikat narkotika internasional. Tersangka yang diamankan secara terpisah, di antaranya, merupakan warga negara asal Malaysia dan Amerika Serikat (AS).

"Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas Bea Cukai antara lain 332 gram kokain, 18 butir psikotropika, 3 butir ekstasi, 180 gram magic mushroom, 56 butir happy five, dan 95 butir kapsul psilocin," kata Gatot dilansir dari beacukai.go.id, dikutip pada Kamis (14/3/2024).

Baca Juga:
Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Penindakan pertama dilakukan terhadap paket kiriman asal Subang Jaya, Malaysia, yang tiba di kargo internasional Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (6/1/2024). Paket dikirimkan oleh seseorang berinisial P dan ditujukan kepada seorang penerima berinisial SM di Seminyak, Bali, sebagai alamat tujuan akhir.

Paket yang dikirimkan berisi patung ikan arwana dengan berat 9,25 kg. Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas menemukan sebuah plastik berisi serbuk putih dengan berat bersih 256 gram yang diletakkan di dasar patung ikan. Setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium, serbuk putih tersebut positif mengandung narkotika golongan I berjenis kokain.

Saat melakukan penelusuran di Seminyak, tim gabungan berhasil mengamankan seorang pria warga negara Indonesia berinisial CD (33 tahun) sebagai penerima paket di lobi sebuah hotel. CD diarahkan oleh pengendali barang untuk menyerahkan paket ke CP (33 tahun) sebagai penerima akhir dan pengedar.

Baca Juga:
Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD

Tim dari bea cukai lantas melakukan pengembangan ke kediaman CP dan mendapati barang bukti tambahan serta seorang wanita berkewarganegaraan Malaysia berinisial M (33 tahun).

M kedapatan menyimpan kokain dalam wadah plastik klip kecil dan alat isap sabu yang diakuinya dibeli dari CP. Barang bukti tambahan yang ditemukan berupa 76 gram kokain, 3 butir ekstasi, 8 butir psikotropika, 180 gram magic mushroom, timbangan digital, dan 5 alat isap sabu-sabu.

"Ketiga tersangka sindikat Malaysia tersebut beserta barang bukti diamankan oleh tim gabungan," kata Gatot.

Baca Juga:
Sisir Tempat-Tempat Usaha, Pemda Cari Wajib Pajak Baru

Penindakan kedua dilakukan kepada penumpang dari Malaysia berinisial DS yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (16/1/2024). DS mengaku kepergiaannya ke Malaysia adalah untuk keperluan liburan semata. Namun, setelah petugas melakukan pemeriksaan atas barang bawaannya, DS kedapatan membawa obat-obatan terlarang.

DS ditemukan memiliki 10 butir obat penenang psikotropika golongan IV tanpa disertai resep dokter. Atas temuan awal tersebut, DS yang diperiksa mendalam dan ditemukan menyembunyikan 56 butir happy five pada sepatu yang dia kenakan.

Petugas juga menemukan satu buah pipet diduga berisi narkotika golongan I jenis methamphetamine bekas pakai dengan berat ± 0,2 gram yang disimpan dalam bungkus rokok.

Baca Juga:
Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Saat dilakukan tes urin, DS kedapatan positif mengonsumsi narkotika. Atas temuan tersebut, DS dan barang bukti diamankan ke Subdit 2 Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Penindakan ketiga dilakukan terhadap paket kiriman asal New York, Amerika Serikat, yang tiba di kargo internasional Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (16/1/2024). Paket dikirim oleh seseorang berinisial AD dengan penerima berinisial CC yang mencatumkan alamat di Jimbaran, Bali.

Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, paket kiriman berisi buku album, kotak musik kayu, dan sebuah pouch kertas berisi 95 butir kapsul.

Baca Juga:
Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Setelah dilakukan uji laboratorium, kapsul tersebut positif mengandung narkotika golongan I berjenis psilocin. Psilocin diketahui merupakan salah satu bahan aktif yang ditemukan dalam magic mushroom dengan efek halusinasi. Kapsul kemudian diserahterimakan ke Subdit 2 Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Tim gabungan Bea Cukai yang terdiri dari Bea Cukai Soekarno-Hatta, Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai, dan Kanwil Bea Cukai Bali-Nusra, melakukan penelusuran sesuai alamat yang tercantum pada paket.

Sayangnya, tim tidak menemukan penerima berinisial CC, tetapi pihak ekspedisi menerima email dari pengirim yang memberikan alamat baru di daerah Seminyak, Bali, dengan narahubung berinisial MD.

Baca Juga:
Kriteria Barang Bawaan Impor yang Wajib Diperiksa via Jalur Merah

Setelah melakukan penelusuran di daerah Seminyak, tim mendapati sepasang suami-istri berkewarganegaraan Amerika Serikat dengan inisial MD (laki-laki/43 tahun) dan ED (perempuan/33 tahun) sebagai penerima paket. Keduanya diketahui sebagai pemilik vila di Bali yang telah menetap di Bali sejak 2023 bersama kedua anaknya.

Saat dimintai keterangan, keduanya mengaku hanya melakukan pengurusan barang atas nama CC yang merupakan kakak kandung ED yang pada saat itu tengah berlibur di Vietnam dan tidak mengetahui apa isi paket tersebut.

Setibanya di Bali pada 25 Februari 2024, CC kemudian diamankan oleh kepolisian setempat. Dari keterangannya, CC mengaku paket berasal dari mantan kekasihnya yang telah beberapa kali mencoba mengirimkan paket kepada dirinya yang sempat dia tolak.

Atas paket yang diamankan, CC mengaku bahwa AD bersikeras untuk mengirimkan paket kepada adik CC yang diklaim AD hanya berisi buku. Saat ini, AD masih dalam pencarian daftar pencarian orang (DPO). Atas penindakan ini, Subdit 2 Dittipidnarkoba Bareskrim Polri masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD