LOMBA MENULIS ARTIKEL PAJAK

Cerita AR DJP, Juara II Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews

Redaksi DDTCNews | Jumat, 21 Februari 2020 | 18:16 WIB
Cerita AR DJP, Juara II Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews

Indrajaya Burnama saat beraktivitas melakukan sosialisasi perpajakan di salah satu radio swasta.

JAKARTA, DDTCNews – Ada sebagian wajib pajak yang ingin menghindar dari kewajiban pajak dengan menyembunyikan indentitas dirinya ke penjual. Ada pula penjual yang menuliskan NPWP pembeli 000 di faktur pajak keluarannya karena memang tidak peduli.

Tindakan beberapa wajib pajak yang terlibat dalam faktur pajak 000 mengganggu pencapaian target penerimaan pajak. Sayangnya, ada wajib pajak yang secara sengaja berbuat demikian, tapi ada pula yang sekadar ikut-ikutan.

Hasil pengamatan Indrajaya Burnama selama bekerja sebagai Account Representative (AR) Ditjen Pajak (DJP) tersebut menjadi awal mula ide artikelnya berjudul ‘Saatnya Menutup Celah Faktur Pajak 000’. Artikel ini meraih posisi juara II dalam lomba menulis dengan tema ‘Membangun Kepastian Sistem Pajak’ yang digelar untuk memperingati 12 tahun DDTC.

Baca Juga:
Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara

“Adanya faktur pajak 000 bukannya tidak bisa ditelusuri, tetapi membutuhkan waktu yang cukup untuk identifikasi. Hal penting yang harus digarisbawahi adalah setiap pelanggaran perpajakan yang terjadi akan diganjar dengan sanksi administrasi dan atau pidana,” jelasnya, Jumat (21/2/2020).

Dengan artikel itu, ada dua tujuan yang ingin dicapai. Pertama, menggugah seluruh masyarakat Indonesia agar lebih tertib pajak dan peduli dengan pajak. Dia ingin agar masyarakat tidak hanya menyalahkan pemerintah karena rendahnya tax ratio. Menurutnya, semua pihak perlu introspeksi.

Kedua, mendorong pemerintah agar segera mencari solusi terbaik atas masalah faktur pajak 000 yang menjadi salah satu sumber kebocoran penerimaan negara. Apalagi, sudah sekitar satu dasawarsa tax ratio Indonesia sangat rendah dan target pajak nasional selalu tidak tercapai.

Baca Juga:
Tinggal 4 Hari, DJP: WP Badan Jangan Sampai Telat Lapor SPT Tahunan

Dia pun yakin ide yang tertuang dalam artikelnya akan diperhatikan oleh semua stakeholders pajak dalam menciptakan kepastian pajak. Hal ini dikarenakan masalah faktur pajak 000 merupakan masalah dasar dalam perpajakan nasional yang tentunya menyangkut kepastian.

“Sayang sekali jika dibiarkan berlarut-larut sedangkan target pajak terus melambung tinggi tiap tahunnya. Lebih mudah menutup lubang pajak sebagai wujud keadilan terhadap para wajib pajak daripada mencari basis pajak baru yang bisa menimbulkan polemik berkepanjangan,” ungkap AR KPP Pratama Jepara tersebut.

Saat ditanya tentang sistem pajak di Indonesia, Indrajaya berpendapat penerapan self assessment system sudah cukup baik. Namun, masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Perbaikan kinerja DJP, sambungnya, sudah cukup terlihat dengan adanya berbagai indikator keberhasilan seperti peringkat perpajakan yang terus meningkat dari Bank Dunia dalam Ease of Doing Business.

Baca Juga:
Ada NITKU, NPWP Cabang Tidak Berlaku Lagi?

“Saatnya WP bersama-sama dengan DJP melaksanakan kewajiban pajak dengan baik dan benar sesuai peraturan perpajakan yang berlaku. Terlebih lagi, amnesti pajak sudah diberlakukan. Saatnya memulai era pajak baru yang berkeadilan,” katanya.

Terkait penyelenggaraan lomba menulis yang berhadiah total hadiah Rp50 juta ini, Indrajaya menilai kegiatan ini menjadi ruang kompetitif untuk menyalurkan aspirasi di bidang perpajakan. Hal ini sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Menurut dia, berbagai ide konstruktif dengan berbagai sudut pandang yang solutif terhadap masalah perpajakan Indonesia dapat berhamburan. Lomba menulis ini, DDTC dapat membantu pemerintah mengumpulkan ide-ide tersebut.

Baca Juga:
Status PKP Dicabut, Tak Bisa Lapor SPT Masa PPN Normal dan Pembetulan

Indrajaya berpendapat edukasi pajak di Indonesia sangat perlu untuk ditingkatkan. Hal ini mengingat pajak tidak masuk dalam kurikulum sekolah maupun kuliah secara umum. Padahal, pendidikan menjadi salah satu pondasi penting dalam membangun karakter bangsa yang berujung kepada perilaku warga, termasuk wajib pajak.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah hendaknya memasukkan pajak dalam kurikulum pendidikan nasional minimal mulai pendidikan menengah. Dengan demikian, akan terwujud kepatuhan pajak sejak dini yang merupakan calon wajib pajak.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali atas raihan dalam Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews 2019. Semoga DDTC melanjutkan Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews secara rutin tiap tahun dengan peserta umum. Maju terus DDTC!” serunya.

Sebagai juara II, Indrajaya mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp6 juta, plakat, & voucer seminar DDTC Academy senilai Rp3 juta. Dia juga mendapatkan buku DDTC & suvenir DDTCNews senilai Rp500.000. Adapun pajak hadiah ditanggung penyelenggara. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

22 Februari 2020 | 08:19 WIB

selamat mas Indra, semoga makin jaya didarat laut dan udara...

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 26 April 2024 | 18:30 WIB KABUPATEN BEKASI

Sisir Tempat-Tempat Usaha, Pemda Cari Wajib Pajak Baru

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara